PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK IMELDA MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK IMELDA Medan jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI pada kompetensi Instalasi Penerangan Listrik. Siswa sangat membutuhkan media yang dapat digunakan pada masa pembelajaran daring. Multimedia pembelajaran berbasis android sangat membantu siswa SMK dalam memahami materi dan mencapai kompetensi sasaran. Siswa dapat belajar secara mandiri mengenai materi kompetensi inti. Berdasarkan data yang diperoleh dari tes pra siklus, rata-rata hasil belajar siswa 78. Setelah penerapan miltimedia pada siklus I dan siklus II, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 89,80. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebanyak 9,20%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan multimedia berbasis android pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Penerapan, Multimedia, Android, Instalasi Penerangan, SMK Imelda, .
Abstract. This research aims to determine the increase of student learning outcomes at SMK IMELDA Medan majoring in Electrical Power Installation Engineering eleventh class in the Electrical Lighting Installation competency. Students really need media that can be used during online learning. Android-based learning multimedia is very helpful for SMK students in understanding the material and achieving target competencies. Students can learn independently about core competency material. Based on the data obtained from the pre-cycle test, the average student learning outcome was 78. After applying multimedia in cycle I and cycle II, the average student learning outcome was 89.80. The results showed that there was an average increase in student learning outcomes by 9.20%. This shows that the application of android-based multimedia in the Electrical Lighting Installation subject can improve student learning outcomes.
Keywords: Implementation, Multimedia, Android, Lighting Installation, SMK Imelda.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Astuti, D., & Sumarni, R. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MANDIRI DEPOK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (XIV). Rineka Cipta.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. 13 MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Candra, O., Elfizon, E., Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT PADA MATA DIKLAT DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/crc.v4i2.6660
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(02). https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247
Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE ( NOS ) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ). 3, 293–300.
Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427
Ernal Nofiandri. (2021). PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4560768
Fahman, K., & Sibuea, A. M. (2015). PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3279
Gunawan, A., & Riadin, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Adobe Photoshop Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1746
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Ibrahim, N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SMP. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 8(1).
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. JURNAL PETIK, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986
Krisnawati, T. A. W., & Muslim, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 3 Tri Asih Wahyu Krisnawati Supari Muslim Abstrak. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(02), 557–566.
Kurniawan, M. F. T., & Rohmani, L. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p072
Kuswanto, J. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X. Jurnal Ilmiah Edutic, 06(02), 78–84.
McGriff, S. J. (2000). Instructional Systems. College of Education, Penn State University.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.
Munir. (2015). Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Oriza Candra, A. B. Pulungan, F. Eliza, Elfizon, & Syamsuarnis. (2018). Development of Miniature Secondary Network of Electric Power Distribution System as a Learning Media for Electrical Engineering Students. Journal of Physics: Conference Series, (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1165/1/012015
Priyanto, W. (2016). PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Mimbar Sekolah Dasar, 3.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono, P. (n. d. ). D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (25th ed.). CV Alfabeta.
Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Deepublish.
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work Motivation and Creativity on Teacher Ability to Develop HOTS-based Assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3).
Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK SULTAN TRENGGONO MOBILE LEARNING BASED ON ANDROID DEVELOPMENT ON SUBJECTS OF. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.41946
Article Metrics
Abstract view : 193 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.