DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Anwar Deli, Indri Astuti, Uray Salam

Abstract


Abstrak: Penelitian ini diorientasikan untuk mengembangkan desain media interaktif dalam pembelajaran fotografi dasar di Sekolah Menengah Kejuruan secara khusus di SMK Negeri 6 Pontianak. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan desain model pengembangan ADDIE. Desain multimedia interaktif yang dirancang oleh peneliti berbasis web browser HTML5 dengan menggunakan Microsoft Powerpoint 2019 dan iSpring Suite 10. Desain multimedia interaktif memuat materi dalam bentuk teks, gambar/simbol, audio-video, dan link interaktif dikemas secara digital. Multimedia ini memiliki enam menu yaitu menu petunjuk, kompetensi, materi, video, simulasi dan latihan. Menu simulasi dan latihan menjadi letak interaktif dimana siswa berinteraksi secara langsung dengan kamera secara digital dan soal-soal yang telah disediakan. Multimedia interaktif produk ini berfokus untuk pembelajaran fotografi jurusan Desain Komunikasi Visual di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Keunggulan dalam penelitian ini jika dikomparasikan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak hanya berisikan materi tetapi juga menambahkan fitur interaktif berupa soal Latihan dan Simulator penggunaan Kamera secara online. Pada soal Latihan perbedaan yang signifikan adalah dimana ketika sudah menyelesaikan soal latihan maka hasil dari soal latihan akan terkirim ke email guru secara langsung, dan pada menu simulator siswa dapat merasakan secara langsung penggunaan kamera hanya dengan mengoperasikan multimedia interaktif yang dirancang oleh peneliti.

 

Kata Kunci: Desain Pengembangan Multimedia Interaktif, Pembelajaran Fotografi Dasar, Sekolah Menengah Kejuruan

 

Abstract: This research is oriented towards developing interactive media designs in basic photography learning at Vocational High Schools specifically at SMK Negeri 6 Pontianak. In this study, researchers applied research and development methods or Research and Development (R&D). In this development research, researchers used the ADDIE development model design. Interactive multimedia designs designed by HTML5 web browser-based researchers using Microsoft Powerpoint 2019 and iSpring Suite 10. Interactive multimedia designs contain material in the form of text, images/symbols, audio video, and interactive links packaged digitally. This multimedia has six menus, namely menu instructions, competencies, materials, videos, simulations, and exercises. The simulation and exercise menus become interactive locations where students interact directly with digital cameras and the questions that have been provided. This interactive multimedia product focuses on learning photography majoring in Visual Communication Design at Vocational High Schools (SMK). The advantage of this study when compared with previous research is that it does not only contain material but also adds interactive features in the form of practice questions and online camera usage simulators. In practice questions, a significant difference is that when they have completed the practice questions, the results of the practice questions will be sent directly to the teacher's email, and in the simulator menu students can experience first-hand the use of the camera simply by operating interactive multimedia designed by the researcher.

 

Keywords: Interactive Multimedia Development Design, Basic Photography Learning, Vocational High School

Keywords


Desain Pengembangan Multimedia Interaktif, Pembelajaran Fotografi Dasar, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Ampera, D., & Nurhayati, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Membuat Pola Kelas Tata Busana Smk Negeri 1 Laguboti. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jkss/article/view/14526

Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1727

Cahyaningrum, Y. Y. (2019). Development of Vocational High School based on regional potential. Journal of Physics: Conference Series. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1273/1/012044/meta

Griffey, J. (2019). Introduction to interactive digital media: Concept and practice. taylorfrancis.com. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780429053658/introduction-interactive-digital-media-julia-griffey

Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13372

Indonesia, P. R. (2016). Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia (pp. 1–10).

Pandansari, P., & Gafur, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Desain Busana di SMK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/11014

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13752

Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & ... (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi …. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/8110

Rusman, M. P., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. In Bandung: Alfabeta.

Sefriani, R., & Wijaya, I. (2018). Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Director Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Sekolah Menengah Kejuruan. INTECOMS: Journal of Information …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/124

Suyitno, S. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pengukuran teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9359

Widiantoro, B. (2020). FOTOGRAFI UNTUK PEMBELAJARAN. repository.unika.ac.id. http://repository.unika.ac.id/22411/




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46477

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.