EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Darini ., Indri Astuti, R. Mursid

Abstract


Abstrak: Peneliti melakukan penelitian eksperimen sebagai bentuk untuk mengetahui efektivitas dari implementasi produk yang dikembangkan pada siswa kelas XI IIS2 di SMAN 1 Tebas yakni video pembelajaran geografi SMA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan high order thinking skills (HOTS) dengan memberikan soal pretest dan postest. Subjek uji efektivitas berjumlah 30 siswa dan subjek validasi soal 30 siswa di SMAN 1 Tebas. Desain yang digunakan dalam eksperimen adalah one group pretest- posttest design untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan video pembelajaran. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, deskritif kualitatif dan statistik inferensial uji t serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai peserta didik sebelumnya 56,83 menjadi 76,83. Berdasarkan hasil uji T nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan Nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”> ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dengan hasil sebagai berikut (14,316) > (1,45), maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu โ€œterdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan media video pembelajaranโ€. Evektivitas video pembelajaran melalui uji effect size, hasilnya 2,614 dengan kategori โ€œstrong effectโ€. Dengan demikian pengembangan video pembelajaran geografi SMA Berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa

ย 

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Geografi, Kearifan Lokal, HOTS

ย 

Abstract: Researchers conducted experimental research as a form of knowing the effectiveness of product implementation developed for class XI IIS2 students at SMAN 1 Tebas, namely high school geography learning videos based on local wisdom to improve high order thinking skills (HOTS) by providing pretest and posttest questions. The effectiveness test subjects were 30 students and the validation test subjects were 30 students at SMAN 1 Tebas. The design used in the experiment was a one group pretest-posttest design to determine the effect of using learning videos. The data obtained are qualitative and quantitative data. Data was collected by observation, documentation, questionnaires and tests. Data analysis used descriptive quantitative, descriptive qualitative and statistical inferential t tests and effect size tests. The results of the study showed that there was a difference in the average score of the previous students from 56.83 to 76.83. Based on the results of the T test, the sig (2-tailed) value is 0.000 <0.05 and the value ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ย  with the following results (14.316) > (1.45), then Ho is rejected and Ha is accepted, namely "there are differences in learning outcomes before and after the use of instructional video mediaโ€. The effectiveness of learning videos through the effect size test, the result is 2.614 in the "strong effect" category. Thus the development of local wisdom-based high school geography learning videos to improve High Order Thinking Skills (HOTS) has a strong influence on student learning outcomes

ย 

Keywords: Learning Videos, Geography, Local Wisdom, HOTS

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. (2015). โ€œVideoโ€ Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 4 (1). 50-58. DOI: 10.21070/pedagogia.v4i1.72

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy For Learningm Teaching, And Assessing; A Revision Of Bloomโ€™s Taxonomy of Educational Objectives. United States: Addison Wesley Longman

Asih, A. G., & Mursiti, S. (2018). Keefektifan Video Pembelajaran Etnosains Dalam Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Berpikir Kritis Siswa. Chemistry In Education, 7(2), 41-45.

Astawa, I.B.M., (2015). Pengembangan Kurikulum Geografi Berkerarifan Lokal Kebutuhan Bali Sebagai Ekologi Pulau Kecil. Media Komunikasi Geografi, 14 (1), DOI : 10.23887/mkg.v14i1.1741

Badan Standar Nasional Pendidikan, (2010) โ€œParadigma Pendidikan Nasional di Abad 21โ€. Diunduh di http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/314

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Hillsdale N.J.: L. Erlbaum Associates.

Dahlan, D. Pemana, L, & Oktariani, M. (2020). Teacherโ€™s Competence And Difficulties ini Constructing HOTS Instrumens ini Economics Subject. Cakrawala Pendidikan 39 (1) , 111 โ€“ 119. DOI: 10.21831/cp.v39I1.28869

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Efendi, D., Sumarmi, Utomo, D.H, (2020). The effect of PjBL plus 4Cs Learning Model On Critical Thinking Skills. Journal for the Education of Gifred Young Scientist, 8 (4), 1509 โ€“ 1521. DOI: http://dx.doi.org/10.17478/jegys.768134

Ichsan, I.Z. Iriani, E. & Hermawati, F.M. (2018). Peningkatan Keterampilan Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Jurnal Edubiotik (Pendidikan, Biologi dan Terapan). 3 (2) ,12-18. DOI: 10.33503/ebio.v3i02.175

Khaerunnisa, E. & Pamungkas A.S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano; Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 9 (1), 17-27, DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Limbong, T. & Simmarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran : Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis

Mardhiyah, R.H, Aldriani, S.N.F, Citta, F, Zulfikar, M.R, (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Abad 21 Sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura 12 (1), 29-40. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nadir, M. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam,2(2), 300-330. DOI: 10.15642/jpai.2014.2.2.299-330

Nurlenasari, N., Lidinillah, D.A.M, Nugraha, A., & Hamdu, G., (2019). Assessing 21st Century Skills Of Fourth-Grade Student In STEM Learning. Journal of Physics: Conf. Series 10 (1318 ), DOI:10.1088/1742-6596/1318/1/012058

Panggabean, D. D. Ramadhani, I. & Irfandi. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan Whiteboard Animation. Media Sains Indonesia

Pingge, H. D, (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1 (2), 128 โ€“ 135, DOI: 10.53395/jes.v1i2.27

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKN IPS). (2019), Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbasis Kecakapan Abad 21 Guru Sekolah Menengah Atas Geografi. Diunduh dari https://123dok.com/document/zljp8xly-pelatihan-pelatihan-peningkatan-kompetensi-berbasis-kecakapan-pelajaran-geografi.html

Putra, P & Aslan. (2019). Exercising Local-Wisdom-Based Character Education In Madrasah; an Ethnograpic Study In a Madrasah In Sambas, West Kalimantan. Journal Of Islamic Education Studies, 7 (2), 167-183. DOI : http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.167-183

Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video Based Learning. Jurnal TIME, II (2), 39-41. Diunduh di https://ejournal.stmik-time.ac.id/index.php/jurnalTIMES/article/view/8/6

Rusda, A., & Khairani. (2020). Analisis Perencanaan Pembelajaran Geografi Berbasis HOTS Di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal Buana, 4 (1), 242 โ€“ 254, DOI: https://doi.org/10.24036/student.v4i1.838

Sajidan & Afandi. (2018). High Level Thinking Skills Empower Studens Primarry Educatio Through Innovative Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conderence Series. 1 (2),9-19. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26724

Thenga, M.,Goldschagg, P. Ferguson, R & Mandikonza, C. (2020). Teacher Professional Development and Geography Teachersโ€™ Pedagogical Practices For Climate Change Education. Southern African Jurnal of Environmental Education, 36 , 34-47, DOI: 10.4314/sajee.v36i1.17

Wisada, Putu Darma. Sudarma, I Komang. & Yuda, I Wayan Ilia. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology Vol 3 (3) pp 140-146, DOI https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A, & Nyoto, A., (2016). Transpormasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuran Malang, Diunduh di https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46480

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under aย Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot