PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF

Erlan Saefuddin, Nova Darmanto, Hawa Asma Ul Husna

Abstract


Abstrak: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terus berkembang dari waktu ke waktu memberikan banyak manfaat dalam beberapa bidang termasuk dunia Pendidikan. Politeknik Negeri Media Kreatif yang lulusannya dituntut memiliki kreativitas tinggi agar dapat bersaing dengan dunia industri harus membuat proses belajar mengajar dalam mendidik mahasiswa dituntut kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemanfaatan TIK dapat mempengaruhi proses pembelajaran di kampus Polimedia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TIK sangat unik dan dapat meningkatkan minat siswa ketika diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Kata Kunci: Teknologi, Informasi, Komunikasi, Media Pembelajaran

 

Abstract: Information and Communication Technology (ICT) which continues to develop from time to time provides many benefits in several fields including the world of Education. Creative Media State Polytechnic whose graduates are required to have high creativity in order to compete with the industrial world must make the teaching and learning process in educating students demanded to be creative. This study aims to see how the use of ICT can affect the learning process on the Polimedia campus. This research is a descriptive qualitative research with data collection through questionnaires, observations, interviews and literature review. The results of this study indicate that ICT is very unique and can increase student interest when applied in teaching and learning activities.

 

Keywords: Technology, Information, Communication, Learning Media

Full Text:

PDF

References


isuf. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Ardianto. (2007). Komunikasi massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, B.S.(2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fanaqi, C. (2021). Tiktok sebagai media Kreativitas di masa Pandemi Covid 19.

Kompas.com. (2021). Persaingan E-Commerse ketat shopee unggul dalam jumlah kunjungan pelanggan. https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul-dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all . diakses pada tanggal 19 April 2022.

Kompasiana.com. (2021). 5 Aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran online di masa pandemic Covid-19. https://www.kompasiana.com/indahnurhidayah0159/60a607fed541df0843756642/5-aplikasi-yang-sering-digunakan-dalam-pembelajaran-online-dimasa-pandemi-covid-19?page=all#section. Diakses pada tanggal 19 April 2022

Lister. M. et al. (2009). New Media: a Critical Introduction. London: Routledge.

McQuail, D. (2011). Mass Communication Theory. Wahington DC: Sage Publications.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rachmawaty, Y & Kurniati, E. (2010). Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana.

Rosyada, D. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Simbolon, N. (2011). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46482

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.