PROFIL PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Faizal ., Indri Astuti, Afandi .

Abstract


Abstrak: Perkembangan Teknologi berjalan sangat pesat, salah satunya adalah penggunaan gadget. Gadget banyak digunakan karena fungsinya yang sangat banyak dan mudah untuk dibawa. Dari berbagai fungsi dari gadget, terdapat dampak positif dan negative dari penggunaan gadget, khususnya anak usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penggunaan gadget pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mencari profil penggunaan gadget pada siswa di SDN 18 Pontianak Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menyebar angket ke siswa dan dilakukan analisis. Responden yang diteliti berjumlah 59 siswa di SD Negeri 18 Pontianak Barat. Instrumen yang digunakan menggunakan 3 kelompok instrumen yaitu instrument pengaruh gadget, pengaruh game, dan instumen interaksi keluarga. Berdasarkan hasil penelitian pada 3 instrumen, semua hasil mendapatkan nilai tinggi dengan hasil instrument pengaruh gadget mendapatkan nilai 4,23, instrument pengaruh game mendapatkan nilai 3,61 dan instrument interaksi keluarga mendapatkan nilai 4,43. Namun ditinjau dari hasil per individu, masih ada beberapa anak yang mendapatkan nilai sedang dan rendah. Hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut terkait dengan individu yang mendapkan nilai rendah. Perlu bimbingan untuk siswa dan orangtua agar siswa bisa tumbuh dengan baik dan tingkat keharmonisan keluarga menjadi tinggi.

 

Kata Kunci: Gadget, Siswa, Pendidikan Keluarga

 

Abstract: The development of technology is running very rapidly, one of which is the use of gadgets. Gadgets are widely used because of their many functions and easy to carry. Of the various functions of gadgets, there are positive and negative impacts of using gadgets, especially for elementary school age children. This study aims to determine the profile of student use of gadgets. This study uses an approach approach because the researcher wants to find a profile of the use of gadgets in students at SDN 18 West Pontianak. Sampling was done by distributing questionnaires to students and analyzing them. Respondents studied were 59 students at SD Negeri 18 West Pontianak. The instruments used are 3 groups of instruments, namely the influence of gadgets, the influence of games, and the interaction of family instruments. Based on the results of research on 3 instruments, all results get a high score with the results of the gadget influence instrument getting a value of 4.23, the influence of the game instrument getting a value of 3.61 and the interaction of family instruments getting a value of 4.43. However, in terms of individual results, there are still some children who get moderate and low scores. This needs to be investigated further regarding individuals who adjust to low values. Guidance is needed for students and parents so that students can grow well and the level of family harmony is high.

 

Keywords: Gadgets, Students, Family Education

Full Text:

PDF

References


Ai Farida, Unik Hanifah Salsabila, Liska Liana Nur Hayati, Jihan Ramadhani, Y. S. (20 21). OPTIMASI GADGET DAN IMPLIKASINYA TERHADAP POLA ASUH ANAK. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1–208.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). F1 ( ppm ). Perkembangan Media Informasidan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak, 2, 400.

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarma sin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Iswan, & Kusmawati, A. (2014). Pengaruh Games Online terhadap Perkembangan Baha sa Anak Usia 9-10 Tahun di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Jurnal Personifikasi, 5(2), 183–185.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahan nya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Oktaviani, D., & Lukmawati, L. (2018). Keharmonisan Keluarga Dan Kenakalan Remaj a Pada Siswa Kelas 9 Mts Negeri 2 Palembang. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2027

Palar, J. E., Onibala, F., & Wenda Oroh. (2018). Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget. E-Journal Keperawatan, 6(2), 1–8.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belaj ar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah D asar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731

Theresia, E., Setiawati, O. R., & Sudiadnyani, N. P. (2019). Hubungan Kecanduan Ber main Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Di Kota Bandar La mpung Tahun 2019. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.3 6269/psyche.v1i2.103

Wiranto, S. A., & Hermawan, M. A. (2019). Peranan orangtua dalam pengawasan anak pada penggunaan smartphone. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 251–255.

Yunistiati, F., M. As’ad, D., & Farid, M. (2014). Keharmonisan Keluarga , Konsep Diri. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 71–82.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46484

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.