PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PANGKAS RAMBUT DASAR SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK AKP GALANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model blended learning pada pangkas rambut dasar dan mengetahui kelayakan model blended learning pada Pangkas Rambut Dasar siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK AKP Galang. Model blended learning dikembangkan dengan bantuan google classroom. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi blended learning 94,49% (kategori sangat baik) dan penilaian ahli desain pembelajaran 94,6% (kategori sangat baik) sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom ini juga efektif digunakan yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebanyak 17,6% yaitu hasil belajar pretest (kemampuan awal) sebesar 62,9% meningkat menjadi 80% pada posttest (kemampuan akhir).
Kata Kunci: Blended Learning, Google Classroom, Pemangkasan Rambut Dasar, Tata Rias
Abstract: This study aims to develop a blended learning model for basic haircuts and to find out the feasibility of the blended learning model for basic haircuts for class XI cosmetology students at SMK AKP Galang. The blended learning model was developed with the help of Google Classroom. The research method uses Research and Development (R&D) with the ADDIE development research model. Based on the results of the expert assessment of blended learning material 94.49% (very good category) and the assessment of learning design experts 94.6% (very good category) so it is suitable for use in learning. The blended learning model assisted by Google Classroom is also effectively used as indicated by an increase in learning outcomes of 17.6%, namely pretest learning outcomes (initial abilities) of 62.9% increasing to 80% in the posttest (final abilities).
Keywords: Blended Learning, Google Classroom, Basic haircut, CosmetologyFull Text:
PDFReferences
Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. (2013). Model Dan Metode Pelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS
Deviyanti, dkk. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Unggul Sakti Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1(1), 303-316
Dwiyogo, Wasis. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT RajaGrafindo
Ermavianti, D., & Susilowati, A. (2018). Pemangkasan Dan Pewarnaan Rambut. Yogyakarta: ANDI
Fitriana, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Journal of Educational Inovation, 4(1), 46–54
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Herliandry, Luh Devi dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Kurniawati, D. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19
Maya, Yuniarti. (2020). Penggunaan Blended Learning Pada Pembelajaran Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 31-38
Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 3(1), 18-23.
Nasution, Nurliana, Nizwardi Jalinus dan Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Press
Nurdyansyah, dan Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press
Rostamailis. (2008). Tata Kecatikan Rambut Jilid 2 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Direktorat Jedral Guru
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Tegeh, Made, Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta. Graha Ilmu
Tibahary, Abdul Rahman dan Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.
Usman. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150.
Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46485
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.