PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SUB JARINGAN KOMPUTER SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Irwan Fauzi, Hamonangan Tambunan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan media animasi 3D dengan yang diajarkan dengan media animasi 2D. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan  motivasi berprestasi rendah. (3) untuk mengetahui adanya interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA  pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media animasi 3D lebih tinggi daripada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media animasi 2D, (2) hasil belajar TIK siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar TIK yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, dan (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar TIK siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media animasi 3D lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan media animasi 2D baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi.

Kata Kunci: media animasi 3D, media animasi 2D, motivasi berprestasi, belajar TIK

Abstract: The purpose of this study are: (1) to assess the learning outcomes of ICT students taught with 3D animation media to those taught by the media of 2D animation. (2) to assess learning outcomes of students with high achievement motivation with low achievement motivation. (3) to investigate the interaction between media learning and achievement motivation in influencing ICT learning outcomes. The research method using quasi-experimental research design 2 x 2 factorial Data were analyzed using ANOVA at the significant level a = 0.05. The results showed that: (1) the results of ICT learning students who are taught by media 3D animation higher in the ICT learning students who are taught by the media of 2D animation, (2) the results of ICT learning students with high achievement motivation is higher than the results of ICT learning who have low achievement motivation, and (3) there is no interaction between the media learning and achievement motivation on ICT learning outcomes of students. The results of this study concluded that the media better 3D animation is taught to students with high achievement motivation and good 2D animation media used to students with low achievement motivation and there was an interaction between the media learning and achievement motivation.

Keywords: media 3D animation, 2D animation media, achievement motivation, learning ICT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5004

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot