PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Kristina Pardede, Efendi Napitupulu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Drill and Practice dibandingkan dengan  Tutorial terhadap tingkat pengetahuan operasional komputer siswa, (2) mengetahui  pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap tingkat pengetahuan operasional komputer siswa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan (3) mengetahui  interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Drill and Practice dan Tutorial dan motivasi belajar siswa  dalam mempengaruhi tingkat pengetahuan operasional komputer siswa. Metode penelitian adalah quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran latihan dan praktik lebih tinggi daripada hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran tutorial, (2) hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan  (3) terdapat interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Drill and Practice dan Tutorial dan motivasi belajar siswa tingkat pengetahuan operasional komputer mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar, Tingkat Pengetahuan, Operasional Komputer.

Abstract: This study aimed to: (1) the effect of the use of multimedia interactive learning Drill and Practice as compared to the tutorial on the level of operational knowledge of computer students, (2) the effect of learning motivation high and low learning motivation on the level of operational knowledge of student computers subjects Technology information and Communication, and (3) the interaction between the use of multimedia interactive learning and a Drill and Practice tutorial and student motivation in influencing the level of operational knowledge of student computers. The research method was quasi-experimental. The results showed: (1) the learning outcomes of Information Technology and Communication students that learned by using learning multimedia exercises and practices are higher than the learning outcomes of Information Technology and Communication students that learned by using learning multimedia tutorial, (2) the learning outcomes of Information Technology and Communication students who have learning motivation high is higher than the learning outcomes of Information Technology and Communication students who have low learning motivation, and (3) there is interaction between the use of multimedia interactive learning Drill and Practice and Tutorial and students' motivation level operational knowledge of computer subjects Information Technology and Communication.

Keywords: Multimedia Learning, Motivation, Knowledge Level, Computer Operations

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.