PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET PADA BERITA WACANA LISAN KELAS VII SMP NEGERI 2 TIMANG GAJAH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) mengetahui keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran berita wacana lisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) materi mata pelajaran kualifikasi sangat baik; (2) desain pembelajaran kualifikasi sangat baik, (3) rekayasa perangkat lunak dan desain grafis kualifikasi sangat baik. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media cetak dan audio. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,328 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1.67, sehingga thitung > ttabel, efektifitas penggunaan multimedia interaktif = 80.46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media cetak dan audio sebesar 71.72%.
Kata Kunci: pengembangan multimedia interaktif berbasis internet, berita wacana lisan
Abstract: This study aimed to: (1) generate a viable interactive multimedia use, easy to learn and can be used for the students' individual learning, (2) determine the effectiveness of interactive multimedia that is developed on the subjects of news of oral discourse. This type of research is the development of research development model Borg and Gall combined with learning development model of Dick and Carey. The results showed; (1) The subject matter is very good qualification; (2) instructional design excellent qualifications, (3) software engineering and graphic design excellent qualifications. Hypothesis testing results prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students that learned using interactive multimedia learning outcomes of students that learned to use the print and audio media. This is indicated by the data processing results obtained t = 3.328 at significance level α = 0:05 to 56 hp obtained table = 1.67, so thitung> ttable, the effective use of interactive multimedia = 80.46%. It was concluded that the results of the study group of students that learned using interactive multimedia amounted to 80.46% higher than the group of students that learned to use the print and audio media by 71.72%.
Keywords: Internet-based interactive multimedia development, news of oral discourse
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5009
Article Metrics
Abstract view : 246 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.