PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEGIATAN ANAK SEKOLAH MINGGU KATOLIK DI GEREJA KATOLIK TEBING TINGGI

H Rusharyono L, Harun Sitompul

Abstract


Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan; (1) Bagaimanakah mengembangkan bahan ajar Kegiatan Asmika Yang Sesuai Kurikulum KTSP untuk lingkaran masa paskah? (2) Apakah keefektifan bahan ajar Kegiatan Asmika Yang Sesuai Kurikulum KTSP yang dikembangkan lebih tinggi dibanding bahan ajar dalam pelajaran Agama Katolik di kelas?. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Produk yang dihasilkan adalah sebuah bahan ajar yang merupakan buku pegangan untuk para pendamping kegiatan Asmika, bahan ajar Kegiatan Asmika Sesuai Kurikulum. Hipotesis yang diajukan: jika thit< ttabel maka kompetensi siswa setelah menggunakan bahan ajar Kegiatan Asmika Sesuai Kurikulum (KASK) untuk lingkaran masa Paskah lebih kecil atau sama dengan kompetensi siswa yang diajar di sekolah. Bila thit>  ttabel maka kompetensi siswa setelah menggunakan bahan ajar Kegiatan Asmika Sesuai Kurikulum (KASK) untuk lingkaran masa Paskah lebih besar dari kompetensi siswa yang diajar di sekolah. Dengan thit= 6,5 sedangkan ttabel = 2,021 menunjukkan bahwa thitlebih tinggi dibanding ttabel. Hasil uji efektivitas ini menunjukkan bahwa bahan ajar Kegiatan Asmika Sesuai Kurikulum layak untuk diterapkan dan dipakai di kegiatan Asmika Gereja Katolik St. Yusuf Tebing Tinggi.

Kata Kunci: bahan ajar Kegiatan Asmika Yang Sesuai Kurikulum

Abstract: The aim of this research and development; (1) How to develop teaching materials Asmika Appropriate activities Curriculum SBC to circle the Easter period? (2) Is the effectiveness of teaching materials Asmika Appropriate activities Curriculum SBC developed higher than instructional materials in teaching Catholic religion in the classroom ?. The development of research development model Dick & Carey. The resulting product is a teaching materials that are handbooks for the companion Asmika activities, teaching materials Asmika accordance Activity Curriculum. The proposed hypothesis: if thit <ttabel the competence of the students after using teaching materials Asmika Appropriate Curriculum Activity (KASK) to circle the Easter period is less than or equal to the competency of students who are taught in school. When thit> ttabel the competence of the students after using teaching materials Asmika Appropriate Curriculum Activity (KASK) to circle the Easter period is greater than the competence of the students taught in school. With thit = 6.5 while the table = 2.021 indicates that thit higher than ttabel. The test results show that the effectiveness of teaching materials Asmika Appropriate Curriculum Activity feasible to be implemented and used in the activities of the Catholic Church Asmika St. Joseph Tebing Tinggi.

Keywords: teaching materials Asmika Appropriate activities Curriculum

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5012

Article Metrics

Abstract view : 521 times
PDF - 1926 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.