PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

Rouli Simanjuntak, Abdul Hamid K

Abstract


Abstrak: Tujuan studi penelitian dan pengembangan untuk (1) menghasilkan Media Interaktif yang sesuai untuk digunakan Mata Pelajaran Seni Budaya, (2) untuk mengetahui validitas para ahli dan Siswa terhadap Media Interaktif pada Mata Pelajaran Seni Budaya, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan Media Interaktif ini.Penelitian ini di adaptasi serta dimodifikasi dari model desain penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall dan model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) produk Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Seni Budaya dikemas dalam bentuk CD, (2) validasi para ahli secara umum menyatakan kualitas produk media pembelajaran interaktif ini termasuk dalam kriteria sangat baik dari rentang skor 1-5. (3) pengujian hipotesis produk Media Interaktif ini dinyatakan efektif digunakan untuk pembelajaran Seni budaya  dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan media Pembelajaran Interaktif . Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung seharga 1,71 lebih besar dari t tabel seharga 1,66 maka dapat dinyatakan bahwa Media Pembelajran Interaktif Seni Budaya telah teruji efektif.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran seni budaya

Abstract: The purpose of the research study and development for (1) generating an Interactive Media is suitable for use Subjects Arts and Culture, (2) to determine the validity of the experts and students of the Interactive Media in Subjects Arts and Culture, and (3) determine the effectiveness of using Media interactive ini.Penelitian is adapted and modified from the design model research and development according to Borg & Gall and Dick and Carey model of development. Research and development results show that: (1) the product of Interactive Learning Media Arts Subjects packaged in a CD, (2) validation of experts is publicly stating the product quality interactive learning media is included in the criteria very well out of the range of scores 1-5. (3) The hypothesis testing products Interactive Media was declared effectively used for art learning culture where there are significant differences between student learning outcomes before and after media Interactive Learning. The results of data processing by using the t test obtained for the price of 1.71 t is greater than t table for  1.66 it can be stated that pembelajran Interactive Media Arts and Culture has been proven effective.

Keywords: media interactive learning on the subjects of art and culture

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5017

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 1144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.