MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBASIS BLENDED: LITERASI SEJARAH PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SEJARAH INDONESIA

Samsidar Tanjung, La Ane, Pulung Sumatri, R. Mursid

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk; (1) mengembangkan model pembelajaran ICARE berbasis rotation blended untuk meningkatkan literasi sejarah pada mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia; (2) mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran ICARE berbasis rotation blended digunakan pada mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia; (3) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran ICARE berbasis rotation blended dapat meningkatkan kompetensi mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia; (5) mengetahui Kemampuan Berpikir Kreatif dan kompetensi mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia. Metode penelitian dan pengembangan (R & D). Penelitian ini dilakukan Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Unimed Tahun Akademik 2023/2024, matakuliah Pendidikan Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan sampai Revormasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: model pembelajaran ICARE berbasis rotation blended sangat layak; model pembelajaran ICARE berbasis rotation blended meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah pendidikan sejarah indonesia sangat tinggi. 0,63 dengan kategori “sedang” (0,7 > (N-gain) ≥ 0,3), sehingga sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa; dan Kemampuan literasi sejarah terdapat peningkatan pada saat posttest.

 

Kata Kunci: model pembelajaran; ICARE; blended; literasi; pendidikan sejarah indonesia

 

Abstract: The objective of this research is to; (1) develop a rotation-based blended ICARE learning model to improve historical literacy in Indonesian History Education courses; (2) find out the validity of the rotation blended learning model of ICARE used in the history education courses of Indonesia; (3) know the effectiveness of the Rotation Blended ICare learning model that can improve the competence of the History Education of Indonesia course; (5) know the Creative Thinking Skills and the competences of the history of education of Indonesia courses. Research and development methods (R & D). This research was carried out by the Department of History Education, Faculty of Social Sciences Unimed Academic Year 2023/2024, matakuliah Education History of Indonesia Period of Independence until the Revolution. The results of the research showed, that: the ICARE rotation blended learning model is excellent; the rotationblended ICARE learning model improves the learning outcomes of Indonesian history education courses very high. 0.63 with the category “sedang” (0.7 > (N-gain) ≥ 0.3), which is very effective in improving student learning outcomes; and Historical literacy is improved at the time of posttest.

 

Keywords: learning model; ICARE; blended; literacy; Indonesian history education

Full Text:

PDF

References


Agus Prayitno dan Yulia Safitri, (2015), Jurnal Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Jakarta : AMIKBSI

Almubarak, M., & Hikmah, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran ICARE Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Junal Penelitian Pendidikan IPA. 5(1): 92-97.

Anggraeni, P & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar. Vol.6, No.2, Oktober 2018.

Anshori, Muslich dan Sri. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152– 165. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629

Batubara, Ulfa Nury, dan Aman. (2019). Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pasca Kemerdekaan-Reformasi. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH 14 Vol. 8 No. 1 Januari 2019. E-ISSN : 2580 – 9180 ISSN : 2301 – 461X. DOI: Doi.org/10.21009/JPS.081.02.

Clifford, G. J. (1984). Buch und Lesen: Historical Perspectives on Literacy and Schooling. Review of Educational Research, 54(4), 472–500. https://doi.org/10.3102/00346543054004472

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D., (2008). Blended Learning in Higher Education : Framework, principles and guidelines. San Fransisco: Josey-Bass

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indiana University.

Hendarrita, Y., Indranurwati, A., & Purwanto, P. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media BLOG. In Kemendikbud. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.36078/1608363379

Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).

Mahalli, A., M., J., A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran ICARE pada Ekspansi Kelas yang sesuai dengan Kultur dan Karakter Siswa di SDN Gedongan 2 dan SDN Meri 2 Kota Mojokerto. Journal of Islamic Religious Instruction, 1(1), 59-70.

Maposa, M., & Wassermann, J. (2009). Conceptualising historical literacy – a review of the literature. Yesterday & Today, (4), 41–66.

Sardiman, AM. (2012). Pembelajaran Sejarah Dan Nilai-Nilai Kepahlawanan. Fakultas Ilmu Sosial-Universitas Negeri Yogyakarta. Hlm: 6

Schreiber, J., & Asner-Self, K. (2011). Educational research: The interrelationship of questions, sampling, design, and analysis. Wiley/Jossey-Bass education (1st ed.). Medford, NY, U.S.A: Wiley.

Suharto, Toto. (2012). Implikasi kebijakan pendidikan Era Soeharto pada eksistensi Madrasah. Media pendidikan jurnal pendidikan Islam 27(3): 365-382

Suhartono. (2017). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 177–188.

Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Wagner and Scott, M. S. (2018). Freshwater microplastics: emerging environmental contaminants? In Handbook of Environmental Chemistry (Vol. 58). https://doi.org/10.1007/978-3-319-61615-5_9

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran ICARE pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (1), 23-33

Widyaningsih, O., Yudha, C. B., & Nugraheny, D. C. (2020). Pengembanagn Model Blended Learning untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143–156.

Zulkarnain. (2017). “Kebijakan kurikulum sejarah di sekolah menengah atas”. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Yogykarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i2.54008

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.