IMPLEMENTASI MODEL 4D DALAM PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model 4D dalam pengembangan buku digitital mata kuliah Elektronika Dasar dan untuk mengetahui kelayakan buku digital elektronika dasar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Research and Development (R & D), dimana model 4D digunakan sebagai acuan tahapan atau prosedur dalam pengembangana buku digital mata kuliah Elektronika Dasar. Model 4D terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop dan dissemenitation. Tahapan define merupakan tahapan pengembangan untuk memunculkan dan permasalahan dasar yang dihadapi dalam pembeljaran sehingga diperlukasn suau pengembangan bahan ajar. Tahapan design merupakan tahap awal dalam perancangan buku digital elektronika dasar yang dikembangkan. Tahapan develop merupakan tahapan untuk menghasilkan bentuk akhir dari buku yang dikembangkan setelah melalui tahap validasi dan ujicoba untuk melihat kelayakan buku digital elektronika dasar yang dikembangkan. Tahapan disseminate merupakan tahapan untuk penyebaran dan sosialasi buku digital yang dikembangkan memalui seminar dan juga publikasi pada jurnal ilmiah. Kelayakan buku digital yang dikembangkan dilihat dari dua aspek yaitu validitas dan praktikalitas. Hasil validasi yang didapatkan dari ahli yaitu buku digital yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dan hasil praktikalitas didapatkan dari hasil ujicoba yang dilakukan dalam dua tahapan dimana hasil praktikalitas buku ajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat pratis. Dari uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku digital elektronika dasar layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada mata kuliah elektronika dasar.
Kata Kunci: Buku Digital, Model 4D,
Abstract: The aim of this research is to determine the implementation of the 4D model in the development of digital books for Basic Electronics courses and to determine the feasibility of the basic electronics digital books being developed. This research is a Research and Development (R & D) type of research, where the 4D model is used as a reference for stages or procedures in developing digital books for Basic Electronics courses. The 4D model consists of 4 stages, namely define, design, develop and dissement. The define stage is a development stage to raise the basic problems faced in learning so that a development of teaching materials is needed. The design stage is the initial stage in designing the basic electronics digital book being developed. The develop stage is the stage to produce the final form of the book being developed after going through the validation and testing stages to see the feasibility of the basic electronics digital book being developed. The disseminate stage is the stage for disseminating and socializing digital books that are developed through seminars and also publications in scientific journals. The feasibility of the digital book being developed is seen from two aspects, namely validity and practicality. The validation results obtained from experts were that the digital books developed were in the very valid category and the practicality results were obtained from the results of trials carried out in two stages where the practicality results of the textbooks developed were in the very practical category. From the validity and practicality tests carried out, it can be concluded that basic electronics digital books are suitable for use as an alternative learning media in basic electronics courses.
Keywords: Digital book, 4D Model
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ansyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Beemt, A.,Akkerman, S., Simons, P.R. 2010. Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and Technology. Vol. 35, No. 4, 419–434
Borg, W.R, Gall, M.D, & Gall, J.P. 1989. Educational Research an Introduction. New York: Pearson Education
Bozkurt, A., dan M. Bozkaya. 2015. Evaluation Criteria for Interactive E-Book fo Open and Distance Learning. International review of Research in Open and Distributed Learning, 16(5): 58-83.
Buchori, Ahmad. 2014. pengembangan bahan ajar matematika berbasis flipbookmaker untuk membangun peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Jurnal Aksioma. volume 6. Tahun 2014.
Chomsin, Widodo S. dan Jasmadi. 2008. Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Doering,T, Pereira,L, Kruechler,L. 2012. The Use of E-Textbooks in Higher Education: A Case Study. E-Leader Berlin 2012
Doering,T, Pereira,L, Kruechler,L. 2012. The Use of E-Textbooks in Higher Education: A Case Study. E-Leader Berlin 2012
Gagne dan Briggs. 1979. Principles of Instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Haris, D. 2011. Panduan Lengkap E-book : Strategi Pembuatan dan Pemasaran E-book. Yogyakarta: Cakrawala
Haris, D. 2011. Panduan Lengkap E-book: Strategi Pembuatan dan Pemasaran E-book. Yogyakarta: Cakrawala
Heinich, Robert. 2005. Intructional Media; and the new technologies of intruction. New York: Macmilan Publishing Company
Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Instructional. Media”. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.
Manley,L.Holley, R.P. 2012. History of the Ebook: The Changing Face of Books. Technical Services Quarterly. Vol. 29:292–311
Matamaya Studio. 2010. Berbisnis E-Book Dikala Krisis. Jakarta. Pt elex media komputindo.
Nasution, S. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Negash, Solomon dkk. 2008. Handbook of Distance Learning for Real-Time and Asynchronous Information Technology Education. Covent Garden (London) : IGI Global.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2004. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspitasari, & Rakhmawati, L. 2013. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(2)
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Russell, James dkk. 2011. Intructional Technology and Media For Learning. Jakarta: Kencana
Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Setiawan, Benni dan Rakhmawati, Lusia. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3)
Smaldino, Sharon E, dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: PEARSON Merrill Prentice Hall.
Suprapto, Edy, Apriyandi, Davi & Pamungkas, I.P. 2019. Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(2) : 124-130
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i2.54009
Article Metrics
Abstract view : 486 timesPDF - 296 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.