PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH KOSMETIKA DAN MINUMAN TRADISIONAL PRODI PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Astrid Sitompul, Melani Erawati, Siti Wahidah, Irmiah Nurul Rangkuti, Asrah Rezki Fauzani, Vita Pujawanti Dhana

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini (1) mengembangan media pembelajaran yang interaktif pada Kosmetika dan Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias, (2) untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran yang interaktif pada Kosmetika Dan Minuman Tradisional Program Studi Pendidikan Tata Rias. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang mengikuti langkah-langkah model penelitian pengembangan   ADDIE. Subjek dari penelitian yaitu mahasiswa Angkatan 2021 Pendidikan tata rias Angkatan Universitas Negeri Medan. Data berasal dari kegiatan observasi, wawancara serta penyebaran angket. Berdasarkan hasil uji validitas ahli materi diperoleh 91,6% (berkategori sangat baik), penilaian ahli media 97,7% (berkategori sangat baik),  Berdasarkan atas nilai yang diberikan ahli materi 94,49% di kategori yang sangat baik. Produk di uji coba pada kelompok kecil memperoleh nilai 88,6% (berkategori baik), pada kelompok sedang memperoleh nilai 89,2% (berkategori sangat baik), dan pengujian kelompok besar memperoleh nilai 92,1% (berkategori sangatbaik). Berdasarkan hasil penilaian tersebut disimpulkan bahwa media interaktif Kosmetika dan Minuman Tradisional dinyatakan layak untuk membantu dalam berlangsungnya proses belajar.

 

Kata Kunci: Media Interaktif, Kosmetika Tradisional, Minuman Tradisional, Tata Rias

 

 

 Abstract: The aims of this research (1) developing interactive learning media on Cosmetics and Traditional Drinks, Cosmetology Education Study Program, (2) Determine the feasibility of using interactive learning media on Cosmetics and Traditional Drinks, Study Program of Cosmetology Education. The research method is Research and Development (R&D) which follows the steps of the ADDIE research and development model. The subjects of research are students of 2021 Cosmetology Education of Medan State University. Data comes from observation activities, interviews and distribution of questionnaires. Based on the results of the material expert's validity test, it was found to be 91.6% (category of very good), media expert's assessment was 97.7% (category of very good), Based on the results of the blended learning material expert's assessment, it was 94.49% (category of very good). The product tested in the small group received a score of 88.6% (good category), the medium group got a score of 89.2% (very good category), and the large testing group got a score of 92.1% (category of very good),). The results of this assessment, it was concluded that the interactive media Cosmetics and Traditional Drinks were declared suitable for assisting in the learning process.

Keywords: Interactive Media, Traditional Cosmetics, Traditional Drinks, Cosmetology

Full Text:

PDF

References


Al-kautsar, Sdit. Pengembangan Presentasi Interaktif Dan Menarik Menggunakan Microsoft Power Point 2007 Bagi Guru. 1, no. 2 (2020): 56–64.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Tinggi

Agnesia Bergita Anomeisa and Dian Ernaningsih, “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok,” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05, no. 01 (2020).

Anomeisa, Agnesia Bergita, and Dian Ernaningsih. Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05, no. 01 (2020): 17–31.

Pangaribuan, Lina. (2019). Kosmetika Tradisional. Medan: CV Harapan Cerdas

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif & R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i2.54117

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.