PENGEMBANGAN BUKU AJAR PROFESI KEPENDIDIKAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN PAEDAGOGIC ICARE

Naeklan Simbolon, Farihah ., Samsidar Tanjung, R. Mursid

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengembangkan buku ajar, mengetahui kelayakan dan keefektifan Buku Ajar Berbasis PBL Pendekatan Paedagogic ICARE yang digunakan pada mata kuliah profesi kependidikan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan PGSD, FIP Unimed matakuliah Profesi Kependidikan. Subyek penelitian adalah mahasiswa dan dosen dengan validasi ahli, yaitu: ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli desain grafis. Dan dengan melakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Ajar Profesi Kependidikan Berbasis PBL Pendekatan Paedagogic ICARE dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan kriteria sangat baik, dan Efektifitas dalam pengunaan Buku Ajar Profesi Kependidikan Berbasis PBL Pendekatan Paedagogic ICARE sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah profesi kependidikan.

 

Kata Kunci: buku ajar, profesi kependidikan, problem based learning, paedagogic ICARE.

 

Abstract: The aim of the research is to develop a textbook, to determine the feasibility and effectiveness of the PBL-based ICARE Pedagogical Approach textbook used in educational professional courses. This research method is research and development (R&D) using the Borg and Gall model. This research was conducted at the PGSD Department, FIP Unimed, Educational Profession course. The research subjects are students and lecturers with expert validation, namely: material experts, learning design experts, graphic design experts. And by conducting individual trials, small group trials and field trials. The results of the research show that the PBL-based Educational Profession Textbook with the ICARE Pedagogic Approach is declared suitable for use in learning with very good criteria, and the effectiveness of using the ICARE PBL-Based PBL-Based Educational Profession Textbook can improve student learning outcomes in educational professional courses.

 

Keywords: textbooks, educational profession, problem based learning, ICARE pedagogy.


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Desi Wulandari, Fitria Dwi Prasetyaningtyas, Sri Hartati. 2017. pengembangan pembelajaran ICARE-K berkarakter untuk membekali kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa calon guru SD. Universitas Negeri Semarang, Jurnal unimed . 7:337-345.

Faulina, F, dan Fitria, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pendekatan Icare Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. RISTEKDIK | Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(1), 1-8, P-ISSN: 2527-4244, E-ISSN : 2541-206X

Indrwati & Wawan Setiawan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung. PPPPTK IPA untuk Program Bermutu.

Kartikawati, E. & Lusikooy, W. (1993). Materi Pokok Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud.

Kuntum An Nisa Imania, Siti Husnul Bariah. 2018. pemanfaatan program pembelajaran Lovaas (ABA) dengan pendekatan ICARE dalam meningkatkan kemampuan General Life Skill anak autis. Institut Pendidikan Indonesia. Jurnal PETIK . 4: 57-70.

Nisya’, M. dan Muchlis. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Karakter Menghargai Bagi Siswa Kelas XI IPA MA Bahauddin Sidoarjo, Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 114- 120

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52.

Nurdin, Muhamad. (2010). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Prismasophie

Putrawan, A. A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar MAtematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-13.

Ralph, M., Collen, S., Teresa, F., et al. (2005). Teaching Science Fo All Chlidren. Boston: Pearson Education. h. 49

Siti Syahidatulfalah. 2017. penerapan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. UIN Sunan Gunung Jati. Jurnal Prima Edukasi. 4:1-11.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2018). The Effect of I-CARE Learning Model on the Students' Metacognition. Journal of Mathematics Education, 3(2), 40-46.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa madrasah tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-110.

Suweken. (2011). Pengembangan Mathlet Matematika Eksploratif untuk Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa SMP Kelas VIII di Singaraja. Hasil Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyudin D., Darmawan, D. dan Ruhimat, T., (2010) Model Pembelajaran ICARE pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK di SMP (ICARE Based Instructional Model on ICT Curriculum in Yunior Secondary School, Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 23- 33.

Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A.M., Fatmawati, D., dan Husamah (2018). Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem solving skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (2), 2018, 158-168

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran Icare Pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK DI SMP (ICARE based Instructional Model on ICT Curriculum in Yunior Secondary School). Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 23-33. ISSN 1412-565X.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i1.60276

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.