SISTEM MONITORING PLTS BERBASIS IOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbasis Internet of Things (IoT) sebagai media pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan. Sistem monitoring ini dinamakan EduSolar, yang dirancang menggunakan kombinasi perangkat keras seperti mikrokontroler Arduino UNO, modul sensor arus, tegangan, daya, intensitas cahaya, serta modul WiFi ESP8266 untuk konektivitas IoT. Sistem EduSolar dapat memantau dan menampilkan parameter-parameter penting PLTS secara real-time melalui antarmuka website. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase kelayakan 81,28%, sedangkan validasi ahli materi mencapai 80,83%. Uji respon mahasiswa juga menunjukkan bahwa sistem EduSolar dinyatakan "layak" digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase 78,46%. Dengan demikian, sistem monitoring PLTS berbasis IoT yang terintegrasi sebagai media pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teknologi energi surya.
Kata Kunci: Sistem Monitoring PLTS, IoT, Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Energi Surya.
Abstract: This research aims to develop an Internet of Things (IoT)-based solar power plant (PLTS) monitoring system as a learning media in the Department of Electrical Engineering Education at Medan State University. The monitoring system is called EduSolar, designed using a combination of hardware devices such as the Arduino UNO microcontroller, current, voltage, power, and light intensity sensor modules, as well as the ESP8266 WiFi module for IoT connectivity. The EduSolar system can monitor and display real-time important parameters of the solar power plant through a website interface. This research utilizes the ADDIE development method, which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The validation results from media experts showed a feasibility percentage of 81.28%, while the validation by subject matter experts reached 80.83%. The student response test also indicated that the EduSolar system was deemed "feasible" as a learning media with a percentage of 78.46%. Therefore, this IoT-based PLTS monitoring system integrated as a learning media has been proven effective in enhancing students' understanding of solar energy technology.
Keywords: PLTS Monitoring System, IoT, Learning Media, Interactive Learning, Solar Energy.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, E., Arieta, S., Akmarul Putera, D., & Lawi, A. (2024). Studi Deskriptip Destinasi Wisata Berkelanjutan (Manajemen Rekayasa Panel Surya di Resort Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas). Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 2(Februari), 70–83. https://doi.org/https://doi.org/10.62375/jmrib.v2i2.289
Ansari, S., Ayob, A., Hossain Lipu, M. S., Md Saad, M. H., & Hussain, A. (2021). A review of monitoring technologies for solar pv systems using data processing modules and transmission protocols: Progress, challenges and prospects. Sustainability (Switzerland), 13(15). https://doi.org/10.3390/su13158120
Astrid, E., Solihin, M. D., Siregar, R., & Waluyo, B. D. (2023). The Optimal Capacitors Allocation and Sizing in Radial Distribution System for Power Losses Reduces. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(2), 1081–1088. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i2.580
Azahra, A. P., & Wasis. (2023). Pengembangan, Uji Validitas, Dan Uji Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Berformat Five Tier Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 196–207. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.1556
Azmi, Z., Pasma, A. S., Wahyudi, R. R., & Alfarisi, M. A. (2023). Sistem Pembangkit Listrik Biomassa Energi Terbarukan di Swedia. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 4(3), 257–273. https://doi.org/10.14710/jebt.2023.21060
Jaenul, A., Wilyanti, S., Leo Rifai, A., & Febria Anjara, dan. (2021). Rancang Bangun Pemanfaatan Solar Cell 100 WP untuk Charger Handphone di Taman Bambu Jakarta Timur. Proceesings of National Colloqium Research and Community Service, 2, 194–198. https://doi.org/https://doi.org/10.33019/snppm.v5i0.2749
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Mayangsari, R., & Yuhendri, M. (2023). Sistem Kontrol dan Monitoring Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Human Machine Interface dan Internet of Thing. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24036/jtein.v4i2.485
Muslim, S., Khotimah, K., & Azhiimah, A. N. (2020). Analisis Kritis Terhadap Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tipe Photovoltaic (PV) sebagai Energi Alternatif Masa Depan. Rang Teknik Journal, 3(1), 119–130. https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1638
Putra, D. R., Yoesgiantoro, D., & Thamrin, S. (2020). Kebijakan Ketahanan Energi Berbasis Energi Listrik pada Bidang Transportasi Guna Mendukung Pertahanan Negara di Indonesia: Sebuah Kerangka Konseptual. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 658–672. https://doi.org/10.31604/jips.v7i3.2020.658-672
Suratnu, R. (2023). The Adoption of the ADDIE Model in Designing An Instructional Module: The Case of Malay Language Remove Students. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 7(2), 262–270. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i2.3521
Surfida, A., Indriati, A. K., Silitonga, B. S. H., & Pradana, M. A. (2023). Concentrating Solar Power sebagai Sumber Energi Listrik di Maroko. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.14710/jebt.2023.21523
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i1.60282
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.