ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL SISTEM KENDALI OTOMATIS UNTUK MENDUKUNG PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Abstrak: Revolusi Industri 4.0 mengharuskan dunia industri untuk memanfaatkan teknologi otomatis pada proses produksi agar bekerja secara efektif dan efisien. Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka para lulusan sarjana teknik elektro harus memiliki kompetensi dibidang kendali otomatis agar dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di dunia industri saat ini. Sistem Kendali Otomatis merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan mahasiswa program studi Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, mahasiswa masih kurang memahami tentang implementasi teori sistem kendali dalam dunia industri. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui capaian pembelajaran mata kuliah, kompetensi mahasiswa, dan kebutuhan bahan ajar yang relevan dengan industri. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa capaian pembelajaran belum merujuk pada kebutuhan industri, kompetensi mahasiswa belum memenuhi kebutuhan industri secara praktis dan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan industri. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, rekomendasi yang dapat diberikan adalah pengembangan modul pembelajaran sistem kendali otomatis yang mendukung pembelajaran berbasis proyek.
Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Pengembangan Modul, Kendali, Otomatis, SMK Imelda, Pembelajaran Berbasis Proyek.
Abstract. Industrial Revolution 4.0 requires industry to utilize automated technology in production processes to work effectively and efficiently. Based on these needs, electrical engineering graduates must have competence in the field of automatic control in order to meet human resource needs in today's industrial world. Basics of Control Systems is one of the mandatory courses that students in the Electrical Engineering study program at Medan State University must complete. Based on observations made, students still do not understand the implementation of control system theory in the industrial world. A needs analysis is carried out to determine course learning outcomes, student competencies, and the need for teaching materials that are relevant to industry. The results of the needs analysis show that learning outcomes do not yet refer to industry needs, student competencies do not practically meet industry needs and teaching materials do not meet industry needs. Based on the results of the needs analysis, the recommendation that can be given is the development of an automatic control system learning module that supports Project Based Learning
Keywords: Need Analysis, Module Development, Control, Automatic, Project Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (XIV). Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 24(4).
Gunawan, A., & Riadin, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Adobe Photoshop Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1746
Kurniawan, W., Pujaningsih, F. B., & Latifah, N. A. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR SEBAGAI ACUAN PENGEMBANGAN MODUL FISIKA GELOMBANG BOLA DAN TABUNG. 3.
Marta, Y. M. V., & Ramli, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Pendekatan STEM. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 5(2), 95–101. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.918
Rosmadi, M. L. N., Herlina, H., Widiastuti, E., & Tachyan, Z. (2019). The Role of Indonesian Human Resources in Developing MSMEs Facing the Industrial Revolution 4.0. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(1), 193–199.
Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. Crown Currency.
Sugiyono, P. (n. d. ). D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (25th ed.). CV Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i1.60287
Article Metrics
Abstract view : 103 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.