PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI GURU DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66776Keywords:
teknologi pendidikan, kompetensi guru, pelatihan, integrasi teknologi, pendidikan digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi pendidikan dalam membentuk kompetensi guru di era digital. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari 30 guru di beberapa sekolah dasar dan menengah yang telah mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, banyak guru yang hanya menggunakannya secara terbatas untuk hal-hal dasar seperti presentasi dan pengajaran materi. Hambatan utama yang dihadapi adalah kurangnya pelatihan yang memadai dan dukungan dari pihak sekolah, yang mengakibatkan terbatasnya pemahaman guru tentang cara mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pengajaran. Namun, guru yang telah mendapatkan pelatihan dan dukungan yang tepat menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi pendidikan, diperlukan pelatihan yang berkelanjutan, dukungan kebijakan yang memadai, serta pengembangan kemampuan pedagogis yang lebih mendalam agar teknologi dapat diterapkan secara optimal dalam proses pembelajaran.References
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journa of Education, 2(1), 64-73
Darlis, A., Lubis, Y., Hasibuan, A., Alamsyah, M., & Ramadhan, W. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Harum Sentosa Perbaungan Perbaungan. Journal on Education, 5(3), 6912-6919. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1474
Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U.H.S., Fahrezi, M.A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Ilmi, A. R. M. ., Junaidi, A. ., Yusnanto, T. ., Kase, E. B. ., Safar, M. ., & Sari, M. N. . (2024). BELAJAR DI ERA DIGITAL: MEMAHAMI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN SUMBER BELAJAR ONLINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782–789. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24799
Julita, J., & Dheni Purnasari, P. (2022). PEMANFATAAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ERA DIGITAL. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Lubis, Y. W. (2023). Pembentukan Karakter Unggul: Analisis Optimalisasi Pendidikan Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Di MAN 2 Deli Serdang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 274–282. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.554
Lubis, Y., & Ritonga, A. (2023). Mobilization School Program: Implementation of Islamic Religious Education Teacher Preparation in Elementary Schools. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632
Maimunah, S. & Adittya, M. K. (2024). Kinerja Guru di Era Digitalisasi Pendidikan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 1093–1100. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1820
Makori, E. O. (2017). Promoting innovation and application of internet of things in academic and research information organizations. Library Review, 66(8/9), 655–678. https://doi.org/10.1108/LR-01-2017-0002
Nurhayani, N., Yuanita, S. K. S., Permana, A. I., & Eliza, D. (2021). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 179–190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1852
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Saputri, N. N. A. D. (2024). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KESADARAN GLOBAL SISWA TERHADAP ISU-ISU SOSIAL ERA SOCIETY 5.0 MELALUI LITERASI DIGITAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 357–362. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/23
Satria, H., Nafisa, R. B., Putri, S. V., & Gusmaneli, G. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Anak Bangsa di Era Digital. Journal of Regional Development and Technology Initiatives, 1, 17–26. https://doi.org/10.58764/j.jrdti.2023.2.46
Sitompul, B. . (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55