MODEL PENGALAMAN PEMBELAJARAN KOLB DAN KEMAMPUAN PEMIKIRAN KRITIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66792Keywords:
Kolb experience, Literasi Penelitian, Berpikir Kritis, Metodologi Penelitian PendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan model pembelajaran pengalaman Kolb yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini akan menggunakan model ADDIE sebagai dasar untuk meneliti dan mengembangkan model tersebut. Dalam Program Studi Pendidikan Teknik Mesin di Fakultas Teknik Unimed, mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah subjek penelitian ini. Proses pengembangan penelitian model pembelajaran pengalaman Kolb dimulai dengan pengujian individu, kelompok kecil, dan lapangan pada siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pengalaman Kolb dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan ke Nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran pengalaman Kolb lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional untuk menguji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa.References
Agus, Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 300. https://eprints.uny.ac.id/65438/8/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Ajeyalemi, DA.(1993). Strategi Guru yang Digunakan oleh Guru STS Teladan. Apa Kata Penelitian untuk Pengajaran Sains, VII. Asosiasi Guru Sains Nasional, Washington DC.
Alamanda, G.C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. ISSN 1412-565 X
Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dale, E. (2013). Metode audiovisual dalam pengajaran. (edisi ke-6). New York: Holt, Rinehart dan Winston. 92 https://ocw.metu.edu.tr/file.php/118/dale_audio- visual_20methods_20in_20teaching_1_.pdf
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Doolittle, PE, & Camp, WG. (1999). Konstruktivisme: Perspektif pendidikan karir dan teknis. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Teknik.Jurnal Elektronik. 16 (1). https://journalcte.org/articles/10.21061/jcte.v16i1.706
Gerald, C. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi, Bandung: PT. Refika Aditama.
Handayani, Ratnaningsih S. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(11), 110. https://media.neliti.com/media/publications/111414- IDpenerapan-metode-pembelajaran-kooperatif.pdf.
Changwong, K., Sukamart, A., Sisan, B. (2018). Pengembangan keterampilan berpikir kritis: Analisis model manajemen pembelajaran baru untuk sekolah menengah Thailand. Jurnal Studi Internasional, 11(2), 37-48. https://www.jois.eu/files/3_435_Changwong%20et%20al.pdf
Jannati, E.D. (2014). Model Pembelajaran Experiential Kolb Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal J-ENSITEC, 01, 30-34. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/JE/article/view/13
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Gaya Belajar dan Ruang Belajar: Meningkatkan Pembelajaran Pengalaman di Pendidikan Tinggi. Akademi Pembelajaran & Pendidikan Manajemen, 4(2), 193–212 https://www.researchgate.net/publication/201381976_Learning_Styles_and_Learning_Spaces_Enh ancing_Experiential_Learning_in_Higher_Education
Kolomuc, A., Ozmen, H., Metin, M., & Acisli, S. (2012). Efek dari animasi yang ditingkatkan lembar kerja yang disiapkan berdasarkan model 5E untuk siswa kelas 9 pada konsepsi alternatif perubahan fisik dan kimia. Procedia-Ilmu Sosial dan Perilaku, 46, 1761-1765 https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812015030
Kowiyah, (2012). Keterampilan Berpikir Kritis. Makasar: UHAMKA.
Kumara, A. (2004). Model Pembelajaran "Active Learning" Mata Pelajaran Sains Tingkat SDKota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan "Life Skills". Jurnal Psikologi, 2, 63-91. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7060/5512
Kurniawan, R., & Syafriani, S. (2020). Analisis media dalam pengembangan inkuiri bimbingan berbasis e-modul yang terintegrasi dengan etnosains dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1481, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012062
Lestari, N. W. dkk. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning TerhadapKeterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Siswa. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Manolas, EI, (2005). "Model Pembelajaran Pengalaman Kolb: Menghidupkan Kursus Fisika di Pendidikan Dasar". Jurnal TESL Internet. 3(9). http://jurnal.upnyk.ac.id/index. php/semnasif/artikel/tampilan/1396
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2016). Teachers College Record, 9, 1017–1054 http://mkoehler.educ.msu.edu/blog/2009/07/09/koehler-mishra-2009/
Mursid, R., Saragih, AH, & Hartono, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Campuran dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Internasional Pendidikan dalam Matematika, Sains dan Teknologi, 10 (1), 218–235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244
Nur, M. dan Prima Retno Wikandari, P.W. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA Press.
Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 306-325. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1236
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatena. Jurnal Musharafa. 6 (1), 117-128. https://www.neliti.com/id/publications/226705/hubungan-kemampuan-awal-terhadap- kemampuan-berpikir-kritis-matematika-pada-siswa
Samantha, Y., Jannti, E.D. (2016). Model Pembelajaran Experiential Kolb Dengan Visualisasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahamahasiswa Teknik Unma Teknik Mesin Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Materi Listrik. Jurnal J-Ensitec, 2(2), 1-7. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/JE/article/view/299
Samsudin, A. (2016). Pengembangan Dual Conditioned Learning Model-Utilizing Multimode Teaching (Dclm-UMT) Untuk mengoptimalkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Calon Guru (Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia).
Savin. (2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Sianturi, A., Sipayung, T.N., Simorangkir, F.M.A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1), 29 – 42. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index. php/serikat pekerja/artikel/tampilan/2082
Sukmadinata, Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 208