ANALISIS PRAKTIKALITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR

Mega Silfia Dewy, Muhammad Isnaini, Yoakim Simamora, Lisa Melvi Ginting

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif untuk mata kuliah Elektronika Dasar dan mengevaluasi praktikalitasnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dengan uji praktikalitas melalui dua tahap: skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh aspek praktikalitas. Aspek kemudahan penggunaan meningkat dari 76% menjadi 86%, kejelasan materi dari 72% menjadi 84%, interaktivitas dari 78% menjadi 88%, dan daya tarik dari 80% menjadi 90%. Persentase rata-rata praktikalitas multimedia interaktif meningkat dari 78,57% (kategori praktis) menjadi 88,23% (kategori sangat praktis). Skor tinggi pada manfaat pembelajaran (92%) dan efisiensi waktu (88%) mengindikasikan potensi multimedia dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Elektronika Dasar. Temuan penelitian mendukung teori beban kognitif dan prinsip pembelajaran aktif, dengan penyajian materi terstruktur dan simulasi interaktif yang meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Penelitian menyimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif dan sangat praktis, namun memerlukan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan relevansi jangka panjang.

 

Kata Kunci: Multimedia nteraktif, Elektronika Dasar, Praktikalitas

 

Abstract: This research aims to develop interactive multimedia for the Basic Electronics course and evaluate its practicality. The research method uses a development approach with practicality testing in two stages: small scale and large scale. The research results show a significant increase in all aspects of practicality. Aspects of ease of use increased from 76% to 86%, clarity of material from 72% to 84%, interactivity from 78% to 88%, and attractiveness from 80% to 90%. The average percentage of interactive multimedia practicality increased from 78.57% (practical category) to 88.23% (very practical category). High scores on learning benefits (92%) and time efficiency (88%) indicate the potential of multimedia in increasing the effectiveness of Basic Electronics learning. Research findings support cognitive load theory and active learning principles, with the presentation of structured material and interactive simulations increasing student engagement. The research concluded that the interactive multimedia developed was effective and very practical, but required ongoing evaluation to ensure long-term relevance..

 

Keywords: Interactive Multimedia, Basic Electronics, Practicality

Full Text:

PDF

References


Arham, U.U dan Dwinigsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif berbasos blended learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kwansan : Jurnal Teknologi Pendidikan 4(2), 111 – 118

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., Mz, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170.

Brill, J. M., & Park, Y. (2020). Innovative Technologies in Electronics Education: Enhancing Learning Through Interactive Multimedia. IGI Global.

Cairncross, S., & Mannion, M. (2010). Interactive multimedia and learning: Realizing the benefits. Computers & Education.

Candrawaty, D. A., Damariswara, R., & Aka, K. A. (2022). Analisis Respon Guru dan Siswa terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Non Fiksi Bermuatan Kearifan Lokal Kediri Raya. Jurnal Basicedu, 6(4), 7456–7465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3459.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogjakarta: Gaya Medika

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., & Smith, M. K. (2023). Active learning strategies in higher education: Evidence-based approaches to student engagement. Journal of Educational Psychology, 45(3), 178-196.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Merrill Prentice Hall.

Hidayati, I. D. N., Santoso, A. B., Sumbawati, M. S., & Sulistiyo, E. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 61–67. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p61-67

Hidayatullah, M., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk Pembelajaran Teknik Elektronika. Jurnal WUNY.

Indriasari, R, Saputra, A.M.A, Zarvianati, E. (2023). Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Swishmax dalam Materi Hukum Newton dan Penerapannya Kelas VIII SMP. Jurnal on Education. 06(01) pp 3494 - 3499

Kusumawati, L.D, Sugito, nFn dan Mustadi, A. (2021) Kelayakan Multimedia Interaktif dalam memotivasi siswa belajar matematika. Kwansan : Jurnal Teknologi Pendidikan. 9(1)31-51

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nielsen, J. (2020). User interface principles: A comprehensive guide to effective design (2nd ed.). New Riders Publishing.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In J. van den Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publishers. pp. 125-135

Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783.

Pratama, A. R. J., & Supardi, Z. A. I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Cuaca untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5), 8936-8951. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3975.

Pratiwi, R, Masnur, A, Rahmayanti, E, & Amilia, W. (2023) Analisis Hasil Uji Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2)

Reigeluth, C. M., & Carr-Chellman, A. A. (2009). Instructional-Design Theories and Models: Building a Common Knowledge Base (Vol. III). Routledge.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Lawrence Erlbaum Associates.

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences. Holt, Rinehart and Winston.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sultan, S., Purnamawati, P., & S. Mandra, Moh. A. (2022). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Sistem Rem Teknik Kendaraan Ringan di SMK. Jurnal Impresi Indonesia, 1(4), 376–386. https://doi.org/10.36418/jii.v1i4.52.

Sweller, J., van Merriënboer, J.J.G. & Paas, F. Cognitive Architecture and Instructional Design: 20 Years Later. Educ Psychol Rev 31, 261–292 (2019). https://doi.org/10.1007/s10648-019-09465-5

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Puslitjaknov Balitbang Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66794

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot