E-MODUL BERBASIS SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DAN PRINSIP NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN SEJARAH
Abstract
Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian dan efektivitas e-modul yang didasarkan pada SA-KHD; mengevaluasi kemudahan penggunaan e-modul tersebut; dan mengevaluasi tingkat nasionalisme dan nilai-nilai karakter siswa. Proyek penelitian dan pengembangan (R&D) ini dibangun menggunakan model 4D, yang terdiri dari empat tahap pengembangan: definisi, desain, pengembangan, dan penyebaran. Mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia dari Kemerdekaan hingga Reformasi di Departemen Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unimed adalah subjek dari penelitian ini. Fokus penelitian adalah para ahli dalam desain instruksional, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Uji coba lapangan, kelompok kecil, dan kelompok validasi dilakukan oleh mahasiswa. Fokus penelitian adalah produk E-Modules berbasis SA-KHD. (1) e-modul berbasis SA-KHD dapat digunakan sebagai media pembelajaran; (2) mereka praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran; dan (3) hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul lebih efektif daripada buku cetak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan buku cetak.
Kata kunci: e-modul; sistem, karakter; nilai-nilai nasionalisme; Pendidikan Sejarah
Abstract - The purpose of this study was to evaluate the suitability and effectiveness of e-modules based on SA-KHD; evaluate the ease of use of the e-modules; and evaluate the level of nationalism and character values of students. This research and development (R&D) project was built using the 4D model, which consists of four stages of development: definition, design, development, and dissemination. The subject of Indonesian History Education from Independence to Reformation in the Department of History Education, Faculty of Social Sciences, Unimed was the subject of this study. The focus of the study was experts in instructional design, learning media, and learning materials. Field trials, small groups, and validation groups were conducted by students. The focus of the study was the SA-KHD-based E-Modules product. (1) SA-KHD-based e-modules can be used as learning media; (2) they are practical to use as learning media; and (3) the results of the study showed that e-modules are more effective than printed books. The results of the hypothesis test showed that student learning outcomes were compared to students taught with printed books.
Keywords: e-modules; system, character; nationalism values; History Education
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, M. (2010). Membangun Semangat Nasionalisme dengan Bingkai Kearifan Lokal Rakyat Aceh Tinjauan Ketahanan Pangan. Tersedia: Www. Setneg. Pergi. Id,(28 Oktober 2020). https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8032
Alimah, S. 2012. Pengembangan Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar pada Mata Kuliah Biologi. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes: Peran MIPA dalam Meningkatkan Kualitas Hidup dan Pengembangan Pendidikan Karakter, 2012, ISBN: 978 -602 -18553 - 2 -4 hal 594 -600
Apri Utami Parta Santi, Gina Maharani Prasetya (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Gaya Dan Gerak Di Kelas IV SDN Bahagia 04, Jurnal Tunas Bangsa Volume 9, Nomor 2, 2022 hlm. 88-101 P-ISSN: 2355-0066
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 BARRU. Seminar Prosiding Nasional Biologi VI, 434–442. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10594/6211
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Azima, NS, Furnamasari, YF, & Dewi, DA (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2186/1913/4324
Basyari, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Museum Sasana Wiratama untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa MAN Yogyakarta III. Istoria, 15(1), 32–44 https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/download/23904/11911
Birgili, B., Seggie, FN, & Oğuz, E. (2021). Tren dan hasil penelitian pembelajaran terbalik antara 2012 dan 2018: Analisis konten deskriptif. Jurnal Komputer dalam Pendidikan, 8(3), 365–394. https://doi.org/10.1007/s40692- 021-00183-y
Cumaoglu, G., Sacici, E., & Torun, K. (2013). E-Book versus Bahan Cetak: Preferensi Mahasiswa.Teknologi Pendidikan Kontemporer, 4(2), 121-135.https://doi.org/10.30935/cedtech/6096
Dewantara, Ki Hajar, Karya Ki Hajar Dewantara. (2000). Bagian Pertama: Pendidikan (Yogjakarta: Majelis Luhur Persatu Taman Siswa, 2000), 14-15. https://onesearch.id/Record/IOS3107.7106
Felia, Husnita, dan Meldawati. (2022). Media Ludo Game Sejarah (Lugas) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Kelas X Mipa 1 Sman 13 Padang. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 244. https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37369
Hasan, SH, & Sejarah, P. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21 M. II(2), 61–72 https://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/16630/0
Hayati, S., Setyo, BA, dan Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Prosiding Nasional Fisika (E-Jurnal), 4, 49–54.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 8. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/107288
Imansari, A., Umamah, N. & Na'im, M. (2019). Penggunaan E-Book Sebagai Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Sigil Dalam Sejarah. Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan. 243(1). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/243/1/012155
Indraswari, Shynta Putri. (2017). Pengembangan E-Module berbasis website pada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Karakteristik Jasa (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(1), 37–41
Lickona, Thomas. (1991). Mendidik untuk Karakter: Bagaimana Sekolah Kita Dapat Mengajarkan Rasa Hormat dan Tanggung Jawab. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Buku Bantam.
Mayer, Richard E. (2009). Pembelajaran Multimedia. New York: Pustaka Pelajar. Pers Universitas Cambridge
Milala, H. F., Endryansyah, J., & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 195–202.
Mulyaningsih, Neng Nenden dan Saraswati, Dandan Luhur. (2017). "Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker," Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/741
Mursid, R., Saragih, AH, & Hartono, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Project Based dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Internasional Pendidikan dalam Matematika, Sains dan Teknologi, 10(1), 218–235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244
Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Kota Bandung
Nuraini, K., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1– 10. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/6723
Prawesti, DN, & Husnita, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo. 06(01), 7928–7935. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4170
Purwaningtyas, WDD, & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121-129. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8471
Sa'diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561
Salim Setiawan, A. (nd). Nasionalisme dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro: Pendekatan Sosiologi Sastra (Nasionalisme dalam Novel 5cm oleh Donny Dhirgantoro: Pendekatan Sosiologi terhadap Sastra) https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8017
Sardiman, S. (2015). Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(2), 1–13 https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/7555
Situmorang, Minar, Yustina, dan Wan Syafii. (2008). "Pengembangan E-Module menggunakan Kvisoft Flipbook Maker melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar," Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4), 834-848. https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8017
Sukmadinata, Nana S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryani, Nunuk, Setiawan, Achmad, dan Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm. 91.
Tauchid, Muchammad. (2011). Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Persatuan Taman Siswa
Umamah, N., Marjono, Sumardi, & Ma'Rifatullah, R. (2020). Penilaian kebutuhan dan analisis kinerja pada pengembangan kurikulum yang inovatif, adaptif, dan responsif yang diarahkan pada keterampilan hidup. Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012084
Wibowo, H., S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dengan Mengunakan Model Pembelajaran E–Learning. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 6–1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3883/3544
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66800
Article Metrics
Abstract view : 9 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.