IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIMED

Habibah Hanim Lubis, Irmiah Nurul Rangkuti, Astrid Sitompul, Vita Pujawanti Dhana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah penerapan model PjBL dengan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 60 mahasiswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan pemecahan masalah, tes komunikasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif mengalami peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata normalisasi 0,67 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 (kategori sedang). Peningkatan keterampilan komunikasi tulisan pada kelas eksperimen memperoleh skor 0,66, sedangkan kelas kontrol 0,46 (kategori rata-rata). Pencapaian keterampilan komunikasi lisan pada kedua kelompok mencapai 87,68% (kategori tinggi). Uji beda rata-rata pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa model PjBL dengan media interaktif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi tulisan dibandingkan dengan model PjBL tanpa media interaktif. 

 

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Media Pembelajaran Interaktif, Pemecahan Masalah, Komunikasi

 

Abstract: This study aims to assess whether the implementation of the PjBL model with interactive learning media can enhance students' problem-solving and communication skills. The study used a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group design. The sample consisted of 60 students, divided into an experimental group (30 students) and a control group (30 students). The instruments used included problem-solving skills tests, communication tests, and observation sheets. The results showed that the experimental group, which used interactive learning media, exhibited an improvement in problem-solving skills, with a normalized average score of 0.67 (high category), while the control group showed a score of 0.49 (moderate category). The improvement in written communication skills for the experimental group had an average score of 0.66, while the control group scored 0.46 (moderate category). The achievement of oral communication skills in both groups reached 87.68% (high category). A mean difference test at a 95% confidence level revealed that the PjBL model with interactive media was more effective in enhancing problem-solving and written communication skills compared to the PjBL model without interactive media.

 

Keywords: Project Based Learning (PjBL), Interactive Learning Media, Problem Solving, Communication

Full Text:

PDF

References


Bennett, S., & Brennan, M. (1996). Interactive Multimedia Learning in Physics. Australian Journal of Educational Technology, 12(1), 8–17.

Bilgin, I., Karakuyu, Y., & Ay, Y. (2015). The Effects of Project Based Learning on Undergraduate Students’ Achievement and Self-Efficacy Beliefs Towards Science Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(3), 469–477.

Direktorat Jenderal Peraturan Perundangundangan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ditjen PP Jakarta.

Fraenkel, J., & Wallen, N. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw-Hill.

Guo, P., Saab, N., Post, L., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102.

Ibrahim, A., Asrul, H., Madi, Baharudin, Aswar, A., & Dermawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Mustikasari, I., Utami, N., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajeng. Unnes Journal of Biology Education, 1(2), 7–13.

PupitaSari, I. (2023). Pengaruh Growth Mindset terhadap Kesiapan Melakukan Perubahan pada Dosen di Jawa Barat. Jurnal Humanitas, 7(2), 245–258.

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed, 10(3), 28–35.

Sahid, Arisnawati, & Saparuddin. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 9–18.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Shoffa. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Agrapana Media.

Shoffa. (2023). Media Pembelajaran. Afasa Pustaka.

Tiatong, M., & Siksen, S. (2013). The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 53–72.

Tilaar, & HAR. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21, Magelang. : Indonesia Tera.

Wolcott, M., McLaughlin, J., Hann, A., Miklayec, A., Beck, D., Rhoney, G., & Zomorodi, M. (2021). A review to characterise and map the growth mindset theory in health professions education. Medical Education, 55(4).




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66801

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot