E-MODUL BERBASIS SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DAN PRINSIP NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN SEJARAH

Authors

  • Samsidar Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Syarifah Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Ricu Sidiq Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66805

Keywords:

e-modul, sistem, karakter, nilai-nilai nasionalisme, Pendidikan Sejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian dan efektivitas e-modul yang didasarkan pada SA-KHD; mengevaluasi kemudahan penggunaan e-modul tersebut; dan mengevaluasi tingkat nasionalisme dan nilai-nilai karakter siswa. Proyek penelitian dan pengembangan (R&D) ini dibangun menggunakan model 4D, yang terdiri dari empat tahap pengembangan: definisi, desain, pengembangan, dan penyebaran. Mata kuliah Pendidikan Sejarah Indonesia dari Kemerdekaan hingga Reformasi di Departemen Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unimed adalah subjek dari penelitian ini. Fokus penelitian adalah para ahli dalam desain instruksional, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Uji coba lapangan, kelompok kecil, dan kelompok validasi dilakukan oleh mahasiswa. Fokus penelitian adalah produk E-Modules berbasis SA-KHD. (1) e-modul berbasis SA-KHD dapat digunakan sebagai media pembelajaran; (2) mereka praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran; dan (3) hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul lebih efektif daripada buku cetak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan buku cetak.

References

Abubakar, M. (2010). Membangun Semangat Nasionalisme dengan Bingkai Kearifan Lokal Rakyat Aceh Tinjauan Ketahanan Pangan. Tersedia: Www. Setneg. Pergi. Id,(28 Oktober 2020). https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8032

Alimah, S. 2012. Pengembangan Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar pada Mata Kuliah Biologi. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes: Peran MIPA dalam Meningkatkan Kualitas Hidup dan Pengembangan Pendidikan Karakter, 2012, ISBN: 978 -602 -18553 - 2 -4 hal 594 -600

Apri Utami Parta Santi, Gina Maharani Prasetya (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Gaya Dan Gerak Di Kelas IV SDN Bahagia 04, Jurnal Tunas Bangsa Volume 9, Nomor 2, 2022 hlm. 88-101 P-ISSN: 2355-0066

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 BARRU. Seminar Prosiding Nasional Biologi VI, 434–442. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10594/6211

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Azima, NS, Furnamasari, YF, & Dewi, DA (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2186/1913/4324

Basyari, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Museum Sasana Wiratama untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa MAN Yogyakarta III. Istoria, 15(1), 32–44 https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/download/23904/11911

Birgili, B., Seggie, FN, & Oğuz, E. (2021). Tren dan hasil penelitian pembelajaran terbalik antara 2012 dan 2018: Analisis konten deskriptif. Jurnal Komputer dalam Pendidikan, 8(3), 365–394. https://doi.org/10.1007/s40692- 021-00183-y

Cumaoglu, G., Sacici, E., & Torun, K. (2013). E-Book versus Bahan Cetak: Preferensi Mahasiswa.Teknologi Pendidikan Kontemporer, 4(2), 121-135.https://doi.org/10.30935/cedtech/6096

Dewantara, Ki Hajar, Karya Ki Hajar Dewantara. (2000). Bagian Pertama: Pendidikan (Yogjakarta: Majelis Luhur Persatu Taman Siswa, 2000), 14-15. https://onesearch.id/Record/IOS3107.7106

Felia, Husnita, dan Meldawati. (2022). Media Ludo Game Sejarah (Lugas) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Kelas X Mipa 1 Sman 13 Padang. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 244. https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37369

Hasan, SH, & Sejarah, P. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21 M. II(2), 61–72 https://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/16630/0

Hayati, S., Setyo, BA, dan Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Prosiding Nasional Fisika (E-Jurnal), 4, 49–54.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 8. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/107288

Imansari, A., Umamah, N. & Na'im, M. (2019). Penggunaan E-Book Sebagai Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Sigil Dalam Sejarah. Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan. 243(1). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/243/1/012155

Indraswari, Shynta Putri. (2017). Pengembangan E-Module berbasis website pada Mata Pelajaran Pengetahuan Produk Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Karakteristik Jasa (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(1), 37–41

Lickona, Thomas. (1991). Mendidik untuk Karakter: Bagaimana Sekolah Kita Dapat Mengajarkan Rasa Hormat dan Tanggung Jawab. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Buku Bantam.

Mayer, Richard E. (2009). Pembelajaran Multimedia. New York: Pustaka Pelajar. Pers Universitas Cambridge

Milala, H. F., Endryansyah, J., & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 195–202.

Mulyaningsih, Neng Nenden dan Saraswati, Dandan Luhur. (2017). "Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker," Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/741

Mursid, R., Saragih, AH, & Hartono, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Project Based dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Internasional Pendidikan dalam Matematika, Sains dan Teknologi, 10(1), 218–235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244

Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Kota Bandung

Nuraini, K., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1– 10. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/6723

Prawesti, DN, & Husnita, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo. 06(01), 7928–7935. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4170

Purwaningtyas, WDD, & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121-129. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8471

Sa'diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561

Salim Setiawan, A. (nd). Nasionalisme dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro: Pendekatan Sosiologi Sastra (Nasionalisme dalam Novel 5cm oleh Donny Dhirgantoro: Pendekatan Sosiologi terhadap Sastra) https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8017

Sardiman, S. (2015). Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(2), 1–13 https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/7555

Situmorang, Minar, Yustina, dan Wan Syafii. (2008). "Pengembangan E-Module menggunakan Kvisoft Flipbook Maker melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar," Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4), 834-848. https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES/article/view/8017

Sukmadinata, Nana S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryani, Nunuk, Setiawan, Achmad, dan Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm. 91.

Tauchid, Muchammad. (2011). Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Persatuan Taman Siswa

Umamah, N., Marjono, Sumardi, & Ma'Rifatullah, R. (2020). Penilaian kebutuhan dan analisis kinerja pada pengembangan kurikulum yang inovatif, adaptif, dan responsif yang diarahkan pada keterampilan hidup. Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012084

Wibowo, H., S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dengan Mengunakan Model Pembelajaran E–Learning. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 6–1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3883/3544.

Downloads

Published

26-06-2025

How to Cite

Tanjung, S., Tanjung, S., & Sidiq, R. (2025). E-MODUL BERBASIS SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DAN PRINSIP NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN SEJARAH. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 11(2), 109–118. https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66805