IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIMED

Authors

  • Habibah Hanim Lubis Universitas Negeri Medan
  • Irmiah Nurul Rangkuti Universitas Negeri Medan
  • Astrid Sitompul Universitas Negeri Medan
  • Vita Pujawanti Dhana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66807

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Media Pembelajaran Interaktif, Pemecahan Masalah, Komunikasi

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah penerapan model PjBL dengan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 60 mahasiswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan pemecahan masalah, tes komunikasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif mengalami peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata normalisasi 0,67 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 (kategori sedang). Peningkatan keterampilan komunikasi tulisan pada kelas eksperimen memperoleh skor 0,66, sedangkan kelas kontrol 0,46 (kategori rata-rata). Pencapaian keterampilan komunikasi lisan pada kedua kelompok mencapai 87,68% (kategori tinggi). Uji beda rata-rata pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa model PjBL dengan media interaktif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi tulisan dibandingkan dengan model PjBL tanpa media interaktif. 

References

Bennett, S., & Brennan, M. (1996). Interactive Multimedia Learning in Physics. Australian Journal of Educational Technology, 12(1), 8–17.

Bilgin, I., Karakuyu, Y., & Ay, Y. (2015). The Effects of Project Based Learning on Undergraduate Students’ Achievement and Self-Efficacy Beliefs Towards Science Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(3), 469–477.

Direktorat Jenderal Peraturan Perundangundangan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ditjen PP Jakarta.

Fraenkel, J., & Wallen, N. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw-Hill.

Guo, P., Saab, N., Post, L., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102.

Ibrahim, A., Asrul, H., Madi, Baharudin, Aswar, A., & Dermawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Mustikasari, I., Utami, N., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajeng. Unnes Journal of Biology Education, 1(2), 7–13.

PupitaSari, I. (2023). Pengaruh Growth Mindset terhadap Kesiapan Melakukan Perubahan pada Dosen di Jawa Barat. Jurnal Humanitas, 7(2), 245–258.

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed, 10(3), 28–35.

Sahid, Arisnawati, & Saparuddin. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 9–18.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Shoffa. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Agrapana Media.

Shoffa. (2023). Media Pembelajaran. Afasa Pustaka.

Tiatong, M., & Siksen, S. (2013). The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 53–72.

Tilaar, & HAR. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21, Magelang. : Indonesia Tera.

Wolcott, M., McLaughlin, J., Hann, A., Miklayec, A., Beck, D., Rhoney, G., & Zomorodi, M. (2021). A review to characterise and map the growth mindset theory in health professions education. Medical Education, 55(4).

Downloads

Published

26-06-2025

How to Cite

Lubis, H. H., Rangkuti, I. N., Sitompul, A., & Dhana, V. P. (2025). IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIMED. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 11(2), 119–125. https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66807