PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MERANGKAI BUNGA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATA KULIAH DEKORASI RUANG TATA RIAS

Authors

  • Arzuliah Elfita Universitas Negeri Medan
  • Astrid Sitompul Universitas Negeri Medan
  • Asrah Rezki Fauzani Universitas Negeri Medan
  • Wisri Arditha Manda Putri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66809

Keywords:

media pembelajaran, merangkai bunga, kompetensi, dekorasi ruang, tata rias, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran merangkai bunga yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Dekorasi Ruang Tata Rias. Media pembelajaran dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam bentuk modul interaktif dan video tutorial. Validasi ahli menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dengan skor rata-rata 88%. Penilaian kepraktisan oleh mahasiswa menghasilkan skor rata-rata 85.5%, yang menunjukkan media ini mudah digunakan dan membantu pembelajaran mandiri. Efektivitas media terlihat dari peningkatan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 31%, dengan pemahaman materi meningkat hingga 85% dan keterampilan merangkai bunga meningkat hingga 82%. Media pembelajaran ini terbukti mampu mendukung proses belajar mengajar secara efektif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran berbasis keterampilan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media ini sebagai sarana pendukung pembelajaran inovatif pada mata kuliah praktis lainnya.

References

Clark, R., & Mayer, R. (2011). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.

Dewi, N. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring: Studi kasus pada pendidikan menengah. Journal of Information System, Informatics, and Computing, 5(2), 45–55.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.

Gagne, R., Wager, W., Golas, K., & Keller, J. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Wadsworth.

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. (2013). Instructional Media and Technologies for Learning. Pearson Education.

Mayer, R. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 42(5), 34–36.

Nieveen, N., & Plomp, T. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Reigeluth, C. (2016). Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. Routledge.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.

Warsita, B. (2015). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta.

Widyastuti, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 145–155.

Downloads

Published

26-06-2025

How to Cite

Elfita, A., Sitompul, A., Fauzani, A. R., & Putri , W. A. M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MERANGKAI BUNGA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATA KULIAH DEKORASI RUANG TATA RIAS. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 11(2), 126–130. https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66809