PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK

Benard Simanjuntak

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran dengan modul. (2) Siswa yang mempunyai kemandirian tinggi memperoleh hasil belajar TIK yang lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai kemandirian rendah. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak  terdiri dari 3 kelas yakni Kelas VIII1, VIII2, dan VIII3, dimana setiap kelas 40 orang siswa maka jumlah populasi adalah 120 orang. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA  pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan StrategiPembelajaran Tutor Sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Modul, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar TIK siswa yang mempunyai Kemandirian tinggi dengan siswa yang mempunyai Kemandirian rendah, dan (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemandirian terhadap hasil belajar TIK siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa StrategiPembelajaran Tutor Sebaya lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai Kemandirian tinggi dan Strategi Pembelajaran Modul baik digunakan kepada siswa yang mempunyai Kemandirian rendah dan terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemandirian.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemandirian, teknologi informasi dan komunikasi

 

Abstract: This study aims to find out: (1) The result of ICT learning of students taught by peer tutor learning strategy is higher than the students taught by the learning strategy with the module. (2) Highly self-reliant students gain higher ICT learning outcomes than students with low self-reliance. (3) There is an interaction between learning strategies and independence in influencing ICT learning outcomes. The population is all students of class VIII consisting of 3 classes namely Class VIII1, VIII2, and VIII3, where each class of 40 students then the population is 120 people. The research method used quasi experimental method with 2 x 2 factorial research design. Data analysis technique using ANOVA at significant level a = 0,05. The results of the research analysis showed that: (1) the results of ICT learning of students who were taught with Peer Tutor Strategy were higher than the results of ICT learning of students who were taught by Learning Strategy Module, (2) there was a significant difference between the learning outcomes of ICT students who have high independence with students who have low independence, and (3) there is an interaction between Learning Strategy and Independence on student learning outcomes. The result of this research can be concluded that Peer Tutor Teaching Strategy is better taught to students who have High Independence and Learning Strategy The module is good for students who have low independence and there is interaction between Learning Strategy and Independence.

 

Keywords: learning strategy, independence, information and communication technology

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.