PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBAHASA

Hotnida Tampubolon

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa autis dalam pembelajaran dengan penerapan metode Applied Behavior Analysis dengan media visual (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan berbahasa siswa autis dengan penerapan metode Applied Behavior Analysis dengan media visual. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SLB-C Karya Tulus  yang beralamat di Jln. Namopecawir, Tuntungan II, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa autis, maka metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sesuai dengan permasalahan dan pendekatan penelitian, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah dengan observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Simpulan yang dapat ditarik dari kajian penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dengan menerapkan metode Applied Behavior Analysis yang menggunakan media visual, aktivitas belajar siswa autis pada setiap siklus terus meningkat, terutama pada siklus kedua pembelajaran keempat, persentase aktivitas belajar siswa meningkat cukup tinggi, (2) dengan menerapkan metode Applied Behavior Analysis yang menggunakan media visual, keterampilan berbahasa siswa autis juga mengalami peningkatan yang cukup baik. Sekitar 66,66% sudah memperoleh keterampilan berkomunikasi  dengan kategori baik dan 33,33% memperoleh tingkat komunikasi dengan sangat baik.

 

Kata Kunci: metode applied behavior analysis, media visual, aktivitas belajar, keterampilan berbahasa

 

Abstract: The objectives of the research are: (1) to know the increase of learning activity of autistic student in learning by applying Applied Behavior Analysis method with visual media (2) to know the improvement of learning result of autistic student skill with applied Behavior Analysis method with visual media. This action research is conducted in extraordinary school-C Sincere Work which is located at Jln. Namopecawir, Tuntungan II, Pancur Batu Sub-district, Deli Serdang Regency. Based on the problems that have been described by considering the characteristics of autistic students, then the method chosen in this study is Classroom Action Research. In accordance with the problems and research approaches, the data collection techniques used in this action research is by observation, test results, and interviews. The conclusions that can be drawn from the study study are as follows: (1) by applying Applied Behavior Analysis method using visual media, autistic student learning activity in every cycle continues to increase, especially in the second cycle of fourth learning, the percentage of student learning activity increased quite high, (2) by applying Applied Behavior Analysis method using visual media, students' autistic language skills also experienced a good improvement. Approximately 66.66% have acquired communication skill with good category and 33,33% got communication level very well.

 

Keywords: methods of applied behavior analysis, visual media, learning activities, language skills


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8752

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.