PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KOMUIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Yeni Rasita Pini Ketaren

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan menggunakan sumber belajar Internet dan siswa yang diajar dengan menggunakan Buku ajar; (2) Hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi  dengan siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah; dan (3) Interaksi antara sumber belajar dan komunikasi interpersonal siswa terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen disain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKN Peserta Didik yang Diajar Dengan Menggunakan Sumber belajar Dengan Menggunakan internet Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Peserta Didik yang Diajar Menggunakan Sumber belajar Dengan Menggunakan Buku Ajar; (2) Hasil belajar PKN Peserta Didik yang Memiliki Komunikasi Interpersonal Positif Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Hasil Belajar PKN Peserta Didik yang Memiliki Komunikasi Interpersonal Negatif; dan (3) Terdapat interaksi antara Sumber belajar dan Komunikasi Interpersonal Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar PKN Peserta Didik.

 

Kata Kunci: sumber belajar, komuikasi interpersonal,  pendidikan kewarganegaraan

 

Abstract: This study aims to find and describe: (1) The results of learning Civics students are taught by using Internet learning resources and students are taught by using textbooks; (2) Civic learning outcomes between students who have high interpersonal communication with students who have low interpersonal communication; and (3) the interaction between the learning resources and the students' interpersonal communication toward the Civics learning outcomes. This research is quantitative research with quasi experimental research type 2x2 factorial design. The results showed that: (1) Learning outcomes of PKN Educated Learners Using Learning Resources Using Higher Internet Compared to Educated Learners Using Learning Resources Using Textbooks; (2) Learning outcomes of PKN Educative Participants with Higher Positive Interpersonal Communication Compared with Learning Outcomes of PKN Learners Who Have Negative Interpersonal Communication; and (3) There is an interaction between learning resources and interpersonal communication in influencing learning outcomes of PKN learners.

 

Keywords: learning resources, interpersonal communication, civic education


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8754

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.