PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Zahara Mursida

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk bahan ajar media pembelajaran interaktif berbasis TIK dalam bentuk CD untuk pembelajaran biologi yang digunakan sebagai media pembelajaran, (2) Mengetahui efektifitas produk bahan ajar media pembelajaran interaktif berbasis TIK dalam bentuk CD yang dikembangkan untuk pembelajaran TIK lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan buku teks. Simpulan dari penelitian yaitu (1) hasil validasi dari ahli materi terhadap media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan menunjukkan kategori “sangat baik”, (2) Hasil validasi dari ahli desain pembelajaran terhadap media pembelajaran interaktif pada pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kategori “sangat baik”, (3) hasil validasi dari ahli rekayasa perangkat lunak terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan pada kategori “sangat baik”, (4) Terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif (kelas eksperimen) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks (kelas kontrol), (5) Media pembelajaran interaktif memiliki keefektifan lebih tinggi dari keefektifan menggunakan buku teks.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, berbasis TIK, biologi.

 

Abstract: The purpose of this research is to: (1) produce instructional products of ICT-based interactive learning media in the form of CDs for biology learning used as instructional media, (2) to know the effectiveness of instructional products of ICT-based interactive learning media in the form of CDs developed for ICT learning is more effective than using textbooks. The conclusion of the research is (1) the validation result from the material expert to the interactive learning media that has been developed shows the category "very good", (2) The validation result from the instructional design expert to the interactive learning media on the developed learning shows the category "very good" (3) validation results from software engineering experts on interactive learning media developed are stated in the category of "very good", (4) Against the use of interactive learning media on the test of learning results show that the learning outcomes of students who are taught by using interactive learning media (class experiment) is higher than the learning outcomes of students who are taught by using textbooks (control class), (5) Interactive learning media have a higher effectiveness of the effectiveness of using textbooks.

 

Keywords: development, interactive learning media, ICT-based, biology.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8755

Article Metrics

Abstract view : 1059 times
PDF - 477 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.