PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN SIGHT SINGING TERHADAP HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL

Asima Sidabutar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar musik ansambel siswa yang diajarkan dengan menggunakan media power point dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan sight singing tinggi dengan siswa yang memiliki keampuan sight singing rendah; dan (3) interaksi antara media power point dengan kemampuan sight singing dalam mempengaruhi hasil belajar musik ansambel siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar musik ansambel antara siswa kelas media pembelajaran power point dengan hasil belajar musik ansambel siswa kelas media pembelajaran video; (2) terdapat perbedaan hasil belajar musik ansambel antara siswa yang memiliki kemampuan sight singing tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan sight singing rendah; dan (3) ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan sight singing terhadap hasil belajar musik ansambel. Dengan demikian disarankan guru harus lebih cermat dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Media power point merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran musik ansambel, dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran power point memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, sight singing, musik ansambel.

 

Abstract: The aims of this study were to determine: (1) difference in student’s ensemble music learning outcomes taught by using power point media and video media. (2) difference in learning outcomes of students who have a high ability to sight singing with student who have a low level of ability sight singing, and (3) the interaction between media power point with sight singing abilities in influencing student learning outcomes music ensemble. The research method used is quasi-experimental research (quasi experiment). Analysis of data used is 2 x 2 factorial ANOVA. result showed: (1) there is a difference in learning outcomes between music ensemble students using instructional media power point with the music ensemble of students using media video; (2) there are differences in learning outcomes between students studying music ensemble that has a high ability to sight singing with students who have lower sight singing ability; (3) there is an interaction between the learning media and sight singing abilities on learning outcomes ensemble music. It isi suggested that, teachers should be more careful in selecting and using learning media in accordance with the objectives to be achieved. Power point is a media that can be used in teaching music ensemble, where the results of this study indicate that the learning media with power point gives a better effect on learning outcomes.

 

Keywords: learning media, sight singing, ensemble music.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8758

Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF - 535 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.