PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KOMPETENSI TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Bettysulastri Manullang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif model tutorial dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran interaktif model latihan dan praktik, (2) Hasil belajar TPHP siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret dan (3) Interaksi antara media pembelajaran interaktif dan gaya berpikir terhadap hasil belajar TPHP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Berastagi berjumlah 96 orang. Sampel Penelitian terdiri dari 32 siswa penggunaan media interaktif model tutorial  dan 32 siswa penggunaan media interaktif model latihan dan praktik. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menjaring data gaya berpikir siswa digunakan angket yang telah diuji kevalidannya. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar TPHP siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan media interaktif latihan dan praktik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif tutorial, (2) Hasil belajar TPHP siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak, (3) Interaksi antara pembelajaran menggunakan media interaktif dengan gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar TPHP.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, tutorial, latihan dan praktik, gaya belajar, teknologi pengolahan hasil pertanian

 

Abstract: This study aims to find out: (1) Student learning outcomes that are learned by using interactive learning media tutorial model with students who are taught by using interactive learning model of practice and practice, (2) TPHP learning result of students who have abstract sequential thinking style is higher compared with students who have concrete sequential thinking styles and (3) Interaction between interactive learning media and thinking style on TPHP learning outcomes. Population in this research is all class of X Department of Agricultural Product Processing Technology SMK Negeri 1 Berastagi amounted to 96 people. The study sample consisted of 32 students using interactive media tutorial model and 32 students using interactive media model of practice and practice. Sampling technique is done by purposive sampling. Measurement instruments to measure learning outcomes were used multiple choice test with 4 answer choices. To collect data of students' thinking style used questionnaire that has been tested its validity. The research method used quasi experiment with 2 x 2 factorial design. Two way data analysis Anava technique. The results showed that (1) TPHP learning outcomes of students who were taught by the use of interactive media exercises and practices higher than the results of student learning are taught by using interactive tutorial media, (2) TPHP learning results of students who have abstract sequential thinking style, (3) ) Interaction between learning using interactive media with student's thinking style to TPHP learning result.

 

Keywords: interactive learning media, tutorial, practice and practice, learning style, agricultural processing technology

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.