PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATAIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Iskandar Lubis

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran microsoft office power point, mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang  memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan interaksi antara media pembelajaran berbasis komputer dan kemampuan berpikir kreatif dalam memengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 30 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, analisis varians dua jalur Two Way Anava (2x2), taraf signifikansi α=0,05, menggunakan uji-F, dan pengujian uji lanjut dengan uji Scheffei. Hasil penelitian diperoleh; hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan media interaktif iSpring Suite lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media microsoft office power point 2013, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memeroleh hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan terdapat interaksi antara media pembelajaran berbasis komputer dan kemampuan berpikir kreatif dalam memengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.

 

Abstract: Abstract: This study aims to determine: differences in learning outcomes Indonesian students who use interactive learning media iSpring suite compared with the use of instructional media microsoft office power point, determine differences in learning outcomes of Indonesian students who have the creative thinking ability higher than the one having creative thinking ability is low, and the interaction between the computer-based learning media and creative thinking abilities in influencing learning outcomes Indonesian. Quasi-experimental research methods, a population of 30 people, the sampling technique used purposive sampling, analysis of variance of two lines Two Way Anova (2x2), the significance level α = 0.05, using the F-test, and testing of advanced test by test Scheffei. The results were obtained; learning outcomes Indonesian students that learned with interactive media iSpring Suite is higher than students that learned with media microsoft office power point 2013, students who have the ability to think creatively height attained learning outcomes Indonesian higher compared with students who have the ability to think creatively low, and there is interaction between computer-based learning media and creative thinking abilities in influencing learning outcomes Indonesian.

 

Keywords: Computer-Based Learning Media, Creative Thinking, Learning Outcomes, Indonesian Language


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8764

Article Metrics

Abstract view : 576 times
PDF - 519 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.