FASILITAS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.468Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi. (2)Untuk mengetahui motif mahasiswa jurusan pendidikan geografi dalam memanfaatkan fasilitas internet sebagai sumber belajar (3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa jurusan pendidikan geografi dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan pada bulan September 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah 482 orang dan yang menjadi sampel adalah 20% dari 482 yaitu 96, yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu komunikasi tidak langsung (angket). Teknik analisis data yang digunaknan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa (1) intensitas pemanfaatan fasilitas internet di jurusan pendidikan geografi adalah 4-5 kali adalah 52 mahasiswa (59%) dalam satu minggu dan mencari sumber informasi dan komunikasi dengan selalu menggunakan fasilitas internet yaitu WWW (World Wide Web) 100%. (2)motif mahasiswa jurusan pendidikan geografi dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar sebanyak 89 (93%) digunakan untuk menyelesaikan tugas (3)faktor yang mendukung adalah 81 (84%), tersedianya akses sumber informasi dan komunikasi, lebih informatif 92 (96%), membantu dalam penelitian sendiri 90 (94)% dan faktor yang menghambat adalah pengetahuan akses terbatas 87 (91%), layanan internet tidak baik 90 (94%). Kata kunci : fasilitas internet, sumber belajarDownloads
How to Cite
Utami, S. U. S. (2013). FASILITAS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI. Tunas Geografi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.468
Issue
Section
Articles