ANALISIS KEHIDUPAN ANAK USIA SEKOLAH PADA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BINASI KECAMATAN SORKAM BARAT KABUPATEN TAPANULI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.486Abstract
ABSTRAK Arjuna Saruksuk. 071233320083. Analisis Kehidupan Anak Usia Sekolah Pada Masyarakat Nelayan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui faktor yang melatar belakangi anak usia sekolah bekerja pada masyarakat nelayan di Desa Binasi, 2) Mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan oleh anak usia sekolah pada masyarakat nelayan di Desa Binasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak nelayan usia 7 “ 19 tahun yang tidak sekolah dan sudah bekerja pada masyarakat nelayan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 58 orang, dan diambil semua menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor ekonomi yang tidak memungkinkan menyebabkan anak secara sadar ikut membantu meringankan beban ekonomi keluarganya, sosial budaya yang berkembang sekolah bukanlah sesuatu hal yang menjanjikan untuk menjadikan hidup lebih baik, dan faktor dari orang tua dimana pendidikan orang tua responden rata “ rata Sekolah Dasar dan sangat mempengaruhi cara pandang mereka dalam mendidik anak “ anaknya. (2) Mereka melakukan berbagai pekerjaan yaitu membersihkan kapal yaitu dilakukan setiap harinya pada saat kapal pulang dari melaut, kemudian membongkar dan menyortir ikan yaitu memisahkan antara ikan yang berbeda jenis dan kualitasnya.Downloads
How to Cite
Saruksuk, A. (2013). ANALISIS KEHIDUPAN ANAK USIA SEKOLAH PADA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BINASI KECAMATAN SORKAM BARAT KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Tunas Geografi, 1(1), 80–97. https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.486
Issue
Section
Articles