STUDI TENTANG MASYARAKAT NELAYAN DI KELURAHAN PEMATANG PASIR KECAMATAN TELUK NIBUNG KOTA TANJUNG BALAI

Sri Ayu Wandira

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat pendapatan masyarakat nelayan. 2) Mengetahui tingkat pendidikan anak nelayan 3) Mengetahui bagaimana kondisi fisik rumah nelayan.

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pematang Pasir, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai yang bermata pencaharian sebagai nelayan sebanyak 720 KK, dan sampelnya 10% atau 72 KK yang diambil secara acak (Random Sampling) . Tekhnik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu berupa angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya di analisa secara Deskriptif Kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat Pendapatan rata-rata nelayan diKelurahan Pematang Pasir adalah sebesar Rp.1.050.000, perbulan, dengan jumlah pengeluaran untuk kebutuhan pokok sebesar Rp.980.000 per-bulan.  Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan nelayan masih tergolong rendah , hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Pada umumnya ini adalah nelayan yang berstatus sebagai ABK (Anak Buah Kapal) . Sedangkan Toke dan juragan tingkat pendapatannya lebih tinggi. (2) Tingkat Pendidikan anak responden pada umumnya sangat rendah, karena sebagian besar responden yaitu sebesar 48,61% responden, anaknya hanya Tamat SD, 27,78% responden anak mereka tamat SMP, dan hanya 16,67% responden anak mereka yang tamat SMA. (3). Kondisi fisik rumah responden sangat buruk , hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar responden masih memiliki rumah dengan kondisi sederhana yaitu sebanyak 30 responden ( 41,66%), kondisi darurat sebanyak 9 responden ( 13,89%), kondisi Semi Permanen sebanyak 23 responden ( 31,94%), dan Kondisi permanen sebanyak 10 responden ( 13,89%).

Kata kunci       : studi, masyarakat nelayan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.492

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.