KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN DUA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.495Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT), dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Biosfer Di Kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa nilai tugas individu, nilai tugas kelompok dan tes, kemudian dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) memiliki nilai rata “ rata 73,53 dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan rata “ rata 75,45. Hasil ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Biosfer di kelas XI IPS SMA 3 Kisaran T.A. 2011/2012, dengan thitung (1,5) < t tabel (2,00) dengan dk = 59 pada taraf α = 0,05. Kata Kunci : Komparasi, Hasil Belajar, Pembelajaran KooperatifDownloads
How to Cite
Sitorus, L. S. (2013). KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN DUA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Tunas Geografi, 1(1), 157–169. https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.495
Issue
Section
Articles