PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SUMBUL T.A 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5754Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014 Penelitian dilaksanakan di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 36 orang dan objek yaitu upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi biosfer melalui teknik Think Talk Write (TTW) di kelas XI IPS -2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,54 % dari 61,79% siklus I meningkat menjadi 80,33% di siklus II (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31 % dari 61 % siklus I meningkat menjadi 92 % di siklus II. dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima artinya penerapan model pembelajaran Think Talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci: Think Talk Write , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, BiosferDownloads
Published
2015-06-01
How to Cite
Simamora, E. R., & Sitompul, M. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SUMBUL T.A 2013/2014. Tunas Geografi, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5754
Issue
Section
Articles