PERAN MASYARAKAT TERHADAP RUANG TERBUKA HIJAU DI KECAMATAN MEDAN DENAI KOTA MEDAN

Ayu Arqamah Surbakti, Sugiharto Sugiharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran masyarakat dalam penyediaan RTH pekarangan di Kecamatan Medan Denai dan (2) kepedulian masyarakat terhadap RTH pekarangan di Kecamatan Medan Denai.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga di Kecamatan Medan Denai yang terdiri dari 31.180 rumah tangga. Sampel dari penelitian  ditentukan dengan menggunakan rumus krejcie. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik documenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskritif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Luas lahan dan luas bangunan rumah yang dimiliki masyarakat dikategorikan kecil dan luas halaman pekarangan terbanyak adalah luas lahan pekarangan < 30 meter sebanyak 139 (52%). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 119 (44%) masyarakat tidak memiliki taman pekarangan atau RTH privat. Sebanyak 11% masyarakat memiliki 1 pohon. Sementara persentase terbanyak adalah masyarakat yang tidak memiliki pohon di pekarangan rumah yaitu sebanyak 57%. (2) Hanya 18% rumah tangga yang tanggap terhadap pengolahan sampah di Kecamatan Medan denai. Seluruh rumah tangga tidak pernah menyumbangkan dana untuk kebutuhan taman kelurahan maupun taman kecamatan. Hanya 48 rumah tangga yang bersedia menyumbangkan tanaman untuk taman kelurahan ataupun taman kecamatan, mayoritas rumah tangga tidak pernah melakukan perawatan tanaman yaitu sebanyak 70 %. Perawatan tanaman yang dilakukan seluruh anggota keluarga sebanyak 5%.  Dan yang mengikuti penyuluhan di kecamatan medan denai hanya sebanyak 34 rumah tangga atau 13%.

Kata Kunci: Peran masayarakat, ruang terbuka hijau.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v5i1.5850

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.