Pengembangan Musikalitas Melalui Bunyi-Bunyi Alam pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan

Wiflihani Wiflihani, Uyuni Widiastuti, Adina Sastra Sembiring

Abstract


Pengembangan musikalitas melalui bunyi-bunyi alam sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan musikalitas yang dimilikinya, khususnya dalam mengembangkan melodi, irama dan harmoni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan musikalitas mahasiswa Prodi Pendidikan Musik melalui bunyi-bunyi alam yang ada di sekitarnya. Bunyi-bunyi alam tersebut terlebih dahulu diobservasi, diidentifikasi, kemudian membuat imitasi berdasarkan unsur-unsur musikalitasnya (melodi, irama, harmoni), memainkan dan mengkreasikannya menjadi satu komposisi musik. Melalui pengembangan musikalitas dengan bunyi-bunyi alam, kemudian mahasiswa mengeluarkan ide-ide kreatifnya dengan mewujudkan bunyi-bunyi yang didengarnya. Kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan bunyi-bunyi alam dapat dilihat dari menemukan topik atau gagasan, menemukan suara alam sebagai sumber bunyi, mengkomposisikannya menjadi enak untuk didengar dan diapresiasikan kepada orang lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada khazanah ilmu pengetahuan khususnya di bidang kajian Pendidikan musik.


Keywords


Pengembangan, Musikalitas, Bunyi-bunyi Alam

Full Text:

PDF

References


Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Budhidharma, P. (2001). Seri Pustaka Musik Farabi, Buku Kajian Teori Musik : Sebagai Pengantar Komposisi dan Aransemen. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Campbell, L., etc, (1996), Teaching & Learning Through Multiple Intelegences, USA: Schuster Company.

Herlina, I., dkk, (2014), Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musikal Perkusi Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun, Pontianak: Jurnal.

Howard, H. (2013), Multiple Intelligences, Jakarta: Inter Aksara.

Mudjillah, H. S. (2010). Teori Musik 2. Yogyakarta: FBS-UNY.

Sukaharjana, (1983), Estetika Musik, Jakarta: Depdikbud.

Uno, B.H, (2009), Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wiflihani, (2017). Keunikan Empat Karya Musik Kontemporer pada Gelaran Seremonialita Javid Nama Tanaka Manalu. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 1 (1): 1-5

Yaumi, M., (2012), Pembelajaran Berbasis MultiplIntelligences, Dian Rakyat.




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v2i1.9763

Article Metrics

Abstract view : 1158 times
PDF - 650 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @jurnalgondang