Pengaruh Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity Terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksposisi SiswaKelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

itje junita regina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran directed reading activity terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 140 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPS 1 yang masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 80,14 yang termasuk dalam kategori baik, standard deviasi = 9,75, sementara hasil di kelas kontrol dengan rata-rata = 66,71 berada dalam kategori cukup, standard deviasi = 10,55. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 5,46. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 dari df =34 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,46 > 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan strategi directed reading activity terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: pengaruh, strategi pembelajaran directed reading activity, teks eksposisi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i3.1485

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 itje junita regina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.