PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Susi Yohanna Frianty Sitorus, Rumasi Simaremare

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative scriptterhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama  oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 330 orang siswa.

Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan membandingkan unsur intrinsik drama sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan rata-rata 64,17, standar deviasi 8,2, dengan berkategori sangat baik 0%  berkategori baik 33%, berkategori cukup 58%, berkategori kurang 8%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script diperoleh rata-rata 75,6, standar deviasi 9,5, dengan berkategori sangat baik 28%,  berkategori baik 50%, berkategori cukup 22%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 5,54 ; setelah  diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 5,542,03, hipotesis alternatif () diterima.

Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci:Modelcooperative script, Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i2.3911

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Susi Yohanna Frianty Sitorus, Rumasi Simaremare

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.