Pengaruh Metode Jigsaw (JIG II) terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Kelas IX SMP Sinar Husni TP 2013/2014

Armaliyah Armaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Jigsaw II (Jig II) dalam menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Sinar Husni Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Sinar Husni yang berjumlah 275 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode Jigsaw II dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X memiliki rata-rata 77,5 dengan standar deviasi sebesar 9,55 sementara kelas Y memiliki rata-rata 65,75 dengan standar deviasi sebesar 8,40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai pembelajaran rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan kata lain ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa setelah penerapan metode Jigsaw II (JIG II). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,94 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada tarap signifikasi 5% (0,05) dengan dk = n-1 = 39. pada tabel t dengan dk = 39 diperoleh ttabel = 2,00 kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika thitung > ttabel yaitu 5,94 > 2,00, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan metode Jigsaw II (JIG II) berpengaruh dalam menignkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks pidato.

Kata kunci: Metode Jigsaw, menulis, pidato.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i1.1448

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Armaliyah Armaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.