PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISIOLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 14MEDANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016

Era Oktarina Sianturi, Biner Ambarita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranThink Talk Write (TTW) terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14  Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 360 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design.Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)dengan rata-rata 58,87, sedangkan hasil kemampuan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)diperoleh rata-rata 75,75. Berdasarkan uji ini normalitas hasil sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 7,92> 1,68. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaranThink Talk Write (TTW) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), menulis puisi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i2.3792

Article Metrics

Abstract view : 415 times
PDF - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Era Oktarina Sianturi, Biner Ambarita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.