MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD

FAUZIAH FADLAH, NURMAYANI .

Abstract


ABSTRAK

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok Peristiwa Alam Beserta Dampaknya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung T.A. 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil observasi bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 orang siswa, ada 10 siswa yang  termotivasi dengan persentase (28%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 22 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (61%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 30 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (83%). Sedangkan hasil penyebaran angket bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 siswa, ada 5 orang siswa termotivasi dengan persentase (14%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (64%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 31 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (86%).

Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1755

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.