PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 101775 SAMPALI TA. 2015/2016

IDA ERIANI

Abstract


Abstrak

Tujuan untuk meningkatkan motvasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran  PKn kelas IV SDN 101774 Sampali. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri  101775 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan penyajian pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pada siklus I pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu : 31,25% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu : 72,22% yang tergolong tidak berhasil. Pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I, yaitu : pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu : 65,62% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu : 84,72% dan telah tergolong berhasil. Hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I–II menunjukkan peningkatan pada motvasi belajar siswa dan tingkat keberhasilan mengajar guru.

Kata Kunci: Jigsaw, Motvasi Belajar, Pelajaran PKn


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6401

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 360 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.