PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 101775 SAMPALI TA. 2015/2016
Abstract
Abstrak
Tujuan untuk meningkatkan motvasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran PKn kelas IV SDN 101774 Sampali. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan penyajian pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pada siklus I pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu : 31,25% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu : 72,22% yang tergolong tidak berhasil. Pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I, yaitu : pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu : 65,62% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu : 84,72% dan telah tergolong berhasil. Hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I–II menunjukkan peningkatan pada motvasi belajar siswa dan tingkat keberhasilan mengajar guru.
Kata Kunci: Jigsaw, Motvasi Belajar, Pelajaran PKn
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6401
Article Metrics
Abstract view : 302 timesPDF - 372 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.