ANALISIS KONDISI SARANA DAN PRASARANA PASAR TRADISIONAL KAMPUNG LALANG DI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN

Rosni Rosni, Muhammad Arif, Herdi Herdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan(1) untuk mengetahui kondisi sarana pasar tradisionalKampung Lalang dan (2) untuk mengetahui kondisi prasarana pasar tradisionalKampung Lalang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studidokumenter, dan wawancara terhadap responden dan informan kunci. Data dianalisisdan diinterpretasi secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) kondisi sarana pasar tradisional KampungLalang yakni: tempat sampah, area bongkar muat tersedia memadai masing-masingmemperoleh skor 70 sehingga tergolong pada kategori baik, sarana transfortasi tersediadengan skor 100 kategorinya baik. Sedangkan kantor pengelola, toilet umum, drainase,tempat ibadah, kios, dan los tersedia namun belum memadai dan memperoleh skormasing-masing 55 tergolong pada kategori sedang. Sarana areal parkir ada tersediatetapi pada kategori buruk, kemudian hidrant/air pemadam kebakaran dan poskeamanan tidak tersedia maka tergolong pada kategori buruk; (2) kondisi prasaranapasar Kampung Lalang yakni akses jalan dan air bersih tersedia memadai masingmasingmemperoleh skor 80 tergolong pada kategori baik, dan jaringan listrik tersediamemadai memperoleh skor 90 tergolong pada kategori baik. Sedangkan prasaranapelayanan kesehatan tidak tersedia sehingga tergolong kedalam kategori buruk.Kondisi sarana dan sarana pasar ini belum sesuai dengan ketetapan dan peraturanMenteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 20 tahun 2012, tentang Pengelolaan danPemberdayaan Pasar tradisional, karena beberapa indikator sarana dan prasarana pasaryang ada belum berfungsi sebagaimana peruntukannya. Pasar ini tergolong pada pasarKelas II, pasar yang bangunannya terdiri dari semi permanen dan mempunyai fasilitasyang belum memadai (Peraturan Kota Madya Tingkat II Medan No.31 Tahun 1993),namun dalam aktifitas pasarnya sudah membuat berlansungnya aktifitas ekonomi dansosial masyarakat.

Kata kunci: Sarana dan prasarana, pasar tradisional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v8i2.5775

Article Metrics

Abstract view : 4555 times
PDF - 1735 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.