PELAKSANAAN RUMUSAN TUJUAN INSTRUKSIONAL DAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR GURU DI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian kali ini ialah untuk mengetahui apakah guru di sekolah SMP Negeri Percut Sei Tuan mampu menjalankan kompetensi profesional guru dalam mengelola program belajar mengajar yaitu mampu melaksanakan dan merumuskan tujuan konstruksional dan dapat menggunakan metode mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan pelaku yang dapat diamati. Berdasarkan mini riset ini ditemukan ada guru di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan belum mampu menjalankan dan melaksanakan rumusan tujuan instruksional dan belum mampu menggunakan metode mengajar yang baik. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa masih terdapat guru yang belum memenuhi salah satu kompetensi profesional guru dalam mengelola program belajar mengajar yaitu dalam menjalankan dan melaksanakan rumusan tujuan instruksional dan menggunakan metode mengajar yang baik dan tepat. Sebaiknya hal ini tidak terjadi lagi pada guru dan calon guru.
Kata Kunci: Kompetensi profesional guru, tujuan instruksional, metode mengajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1274
Article Metrics
Abstract view : 426 timesPDF - 408 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 AFRODITA MUNTHE, HALIMATUSSAKDIAH .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.