MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 1 PAYUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran siswa yang mencakup hasil belajar afektif dan ketrampilan belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 28 orang. Tes hasil Pretes dengan rata-rata 48,5. Tes formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 71,4 dan 86,4. Data afektif siswa pada siklus I antara lain kejujuran (56%), disiplin (61%), tanggung jawab (61%), ketelitian (59%), dan kerjasama (59%). Pada siklus II, kejujuran (92%), disiplin (94%), tanggung jawab (94%), ketelitian (92%), dan kerjasama (92%). Data ketrampilan belajar siswa pada siklus I antara lain mengamati (58%), mengumpulkan data (61%), menganalisis (59%), menginterprestasi (59%), dan mengkomunikasikan hasil (63%). Pada siklus II, mengamati (92%), mengumpulkan data (93%), menganalisis (90%), menginterprestasi (89%), dan mengkomunikasikan hasil (90%).
Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Hasil
Belajar Kognitif dan Afektif, Ketrampilan Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6502
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 211 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Susanna Br Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.