MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 1 PAYUNG

Susanna Br Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran siswa yang mencakup hasil belajar afektif dan ketrampilan belajar siswa. Subjek  penelitian berjumlah 28 orang. Tes hasil Pretes dengan rata-rata 48,5. Tes formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 71,4 dan 86,4. Data afektif siswa pada siklus I antara lain  kejujuran (56%), disiplin (61%), tanggung jawab (61%), ketelitian (59%), dan kerjasama (59%). Pada siklus II, kejujuran (92%), disiplin (94%), tanggung jawab (94%), ketelitian (92%), dan kerjasama (92%). Data ketrampilan belajar siswa pada siklus I antara lain mengamati (58%), mengumpulkan data (61%), menganalisis (59%), menginterprestasi (59%), dan mengkomunikasikan hasil (63%). Pada siklus II, mengamati (92%), mengumpulkan data (93%), menganalisis (90%), menginterprestasi (89%), dan mengkomunikasikan hasil (90%).

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Hasil
                  Belajar Kognitif dan Afektif, Ketrampilan Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6502

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Susanna Br Sitepu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.